adplus-dvertising

Siap-Siap, Petugas BPS akan Kunjungi Warga Data Regsosek

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 20 September 2022
391 dilihat
Siap-Siap, Petugas BPS akan Kunjungi Warga Data Regsosek
Kepala BPS Kendari, Martini menyampaikan akan mengerahkan 558 petugas BPS untuk melakukan pendataan Regsosek secara door to door. Foto: Adinda/Telisik

" BPS Kota Kendari akan melakukan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) sebagai upaya perintegrasian pendataan perlindungan sosial di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari akan melakukan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) sebagai upaya perintegrasian pendataan perlindungan sosial di Indonesia.

Pendataan Regsosek ini akan berlangsung selama 1 bulan, yaitu 15 Oktober sampai 16 November 2022, mengerahkan 558 petugas BPS yang akan turun lapangan melakukan kunjungan kepada warga dengan memberikan 50 pertanyaan mengenai kondisi sosial dan ekonomi seorang kepala keluarga.

Dalam kunjungannya, personil BPS tersebut tentu akan berkoordinasi dengan RT setempat. Ketua RT diimbau untuk memberikan rekomendasi mana saja warga yang masuk dalam kategori miskin, nantinya akan didata secara rinci disertai pendokumentasian rumah warga tersebut sebagai bukti otentik untuk menjadi penerima program bantuan sosial nantinya.


Kepala BPS Kota Kendari, Martini secara terbuka mengungkapkan, dana yang digelontorkan untuk kegiatan Regsosek di Kota Kendari adalah Rp 3,7 miliar dari total Rp 3,1 triliun anggaran Regsosek se-Indonesia, 80 persen dari total dana tersebut disalurkan untuk upah petugas BPS yang turun ke lapangan.

Baca Juga: Jelang Akhir Masa Jabatan, Wakil Wali Kota Kendari Mulai Pamitan

Martini berpendapat, selama ini sistem pendataan di Indonesia bersifat sektoral, di mana semua instansi dan lembaga pemerintah mempunyai datanya sendiri. Hal ini dinilai tidak efisien dan memakan anggaran sampai Rp 12 triliun.

Oleh karena itu, pemerintah melakukan upaya penyatuan data untuk setiap sistem pelayanan masyarakat yang lebih efektif dan efisien. Data yang sudah rampung nantinya akan diolah dan diberikan kepada Bappenas (Badan Pembangunan Nasional) atau Bappeda (Badan Pembangunan Daerah) dalam tingkat daerah sebagai koordinator data.

Baca Juga: Dinilai Kurang Membantu, Sejumlah Warga Keluhkan BLT BBM Tahap 1

Cornelius Padang, selaku Ketua Bappeda Kota Kendari, juga menyatakan dukungannya dan siap membantu untuk ikut mengusulkan kepada Pemerintah Pusat apabila BPS Kota Kendari membutuhkan dukungan APBD, demi terselesaikannya pendataan Regsosek ini.

Pemerintah Pusat juga rupanya ikut berkoordinasi dalam menugaskan para camat untuk turut memantau pejabat-pejabat desa yang lain dibawahnya, untuk memastikan pendataan yang valid dan benar, hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, saat mewakili Wali Kota di Rapat Koordinasi (Rakorda) terkait pelaksanaan Regsosek. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

Baca Juga