Siapa Calon Menpora Dito Ariotedjo? Ini Profilnya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 03 April 2023
0 dilihat
Siapa Calon Menpora Dito Ariotedjo? Ini Profilnya
Dito akan dilantik menggantikan Zainudin Amali yang memutuskan mundur sebagai Menpora setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Foto: Repro Opsi.id

" Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru menggantikan Zainudin Amali "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru menggantikan Zainudin Amali.  

Lalu, siapa Dito Ariotedjo? Mengutip Wikipedia.com, Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau lebih dikenal Dito Ariotedjo (lahir 25 September 1990) merupakan seorang aktivis sosial dan politikus Indonesia dari Partai Golongan Karya.

Selama ini ia dikenal sebagai anggota tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak April 2022. Dia diketahui pernah menjadi Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan juga sempat mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) seperi dilansir dari Kompas.com.

Dito juga pernah menjadi Ketua Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi DKI Jakarta demi menyalurkan hobinya di bidang olahraga. Dekat dengan Raffi Ahmad dan RANS Sport Pada tahun 2018, Dito dipercaya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olimpiade Indonesia menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina.

Aktivitasnya di dunia olahraga di antaranya berkecimpung bersama Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor, Rudy Salim membentuk Rans Sport dan menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC, klub sepakbola yang berbasis di Jakarta dan Chairman RANS PIK Basketball.

Baca Juga: Ini Profil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang Aksinya Selalu Viral di Medsos

Dito merupakan anak dari Arie Prabowo Ariotedjo yang merupakan pengusaha pertambangan. Ario pernah menjabat sebagai Dirut Antam pada 2017-2019. Dito juga merupakan cucu perwira TNI angkatan 45, Marsdya TNI (Purn) alm. Sri Bimo Ariotedjo.

Saat proses penyusunan Kabinet Indonesia Maju tahun 2019 lalu, Dito Ariotedjo masuk dalam daftar 10 calon menteri yang disodorkan Airlangga Hartarto kepada Jokowi meskipun saat itu ia tidak terpilih.

Baca Juga: Kisah Inspiratif: Anak Broken Home Rayhan Asal Kabupaten Kolaka Sukses Jadi TikTokers

Dito akan dilantik menggantikan Zainudin Amali yang memutuskan mundur sebagai Menpora setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, dirinya akan melantik Menpora pengganti Zainudin Amali pada pekan ini.

Hal itu disampaikan Jokowi menjawab keterangan wartawan usai meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

"(Menpora dilantik) Minggu depan," ujar Jokowi dilansir dari Kompas.com, Presiden Jokowi juga melantik Kepala BNPT yang baru menggantikan Boy Rafli Amar. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga