Sidak Pasar, DPRD Kendari Ungkap Ada Kenaikan Harga dan Fasilitas Kurang Memadai

Kardin, telisik indonesia
Senin, 12 April 2021
0 dilihat
Sidak Pasar, DPRD Kendari Ungkap Ada Kenaikan Harga dan Fasilitas Kurang Memadai
Anggota DPRD Kendari saat memantau harga bahan pokok di Pasar Sentral Kota. Foto: Kardin/Telisik

" Mulai dari lombok sampai daging ayam potong mengalami kenaikan harga. "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi II DPRD Kendari bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) menggelar sidak jelang puasa Ramadhan 1442 H/2021.

Berdasarkan sidak di beberapa pasar tradisional di Kendari, Ketua Komisi II DPRD Kendari, Andi Sulolipu mengungkapkan adanya beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan.

"Mulai dari lombok sampai daging ayam potong mengalami kenaikan harga," kata Andi usai melakukan sidak, Senin (12/4/2021).

Tak sampai soal kenaikan harga, politisi PDIP itu juga menyoroti terkait sarana dan prasarana pasar yang masih butuh perhatian pemerintah, terutama di Pasar Sentral Kota Kendari.

"Keluhan pedagang memang selain ada kenaikan harga, juga kurangnya pembeli dan fasilitas Pasar Kota ini yang masih butuh perbaikan," paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kendari, Subhan yang juga ikut dalam Sidak menuturkan, turunnya sidak anggota dewan selain memantau harga bahan pokok, sekaligus memantau fasilitas penunjang yang ada di pasar-pasar.

"Kita turun ini juga untuk memastikan sarana prasarana untuk mendukung aktivitas jual beli di pasar. Karena ini merupakan tanggung jawab kita semua," terang Subhan.

Politisi PKS ini juga menuturkan, masukan dan keluhan dari para pedagang akan menjadi masukkan buat pemerintah agar ditindaklanjuti ke depan.

Baca Juga: Sehari Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi di Kendari Melonjak

"Paling tidak ada langkah-langkah pemerintah untuk menunjang kegiatan jual beli masyarakat, meski saat ini masih pandemi COVID-19," jelasnya.

Ia pun mengharapkan agar harga bahan pokok yang naik dapat kembali normal di awal-awal puasa.

"Semoga satu Minggu ke depan semua harga kembali normal seperti biasanya," harapnya.

Salah seorang pedang di Pasar Sentral Kota Kendari, Aisyah mengungkapkan, terdapat beberapa harga yang mengalami kenaikan, seperti cabai rawit dari harga Rp 50 ribu per kilo naik jadi Rp 75 ribu, kemudian cabai keriting dan cabai besar dari Rp 35 ribu naik menjadi Rp 50 ribu per kilo.

"Kalau bawang merah dan putih harganya masih normal, yaitu tetap Rp 35 ribu per kilonya," ungkapnya. (A)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga