Sidang Isbat Penetapan Idul Adha Digelar Sore Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 10 Juli 2021
0 dilihat
Sidang Isbat Penetapan Idul Adha Digelar Sore Ini
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Repro Instagram

" Kementerian Agama (Kemenag) hari ini menggelar sidang isbat (penetapan) awal Zulhijah 1442 H. Sidang isbat akan digelar secara online. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Agama (Kemenag) hari ini menggelar sidang isbat (penetapan) awal Zulhijah 1442 H. Sidang isbat akan digelar secara online.

Sidang isbat penentuan awal bulan Zulhijah akan dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut akan memimpin sidang isbat dari kediaman, di Rumah Dinas Menteri Agama, Jakarta.

Sidang isbat untuk menetapkan 1 Zulhijah guna menentukan kapan 10 Zulhijah jatuh tahun ini. Diketahui, Idul Adha akan dilaksanakan pada 10 Zulhijah 1442 Hijriah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar), Moh Agus Salim mengatakan, sidang isbat online dilakukan karena PPKM Darurat. Seluruh peserta sidang isbat akan mengikuti acara melalui kediamannya masing-masing.

"Karena masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, maka sidang isbat nanti sore, seluruhnya akan dilakukan secara daring. Dan Bapak Menteri Agama akan memimpin dari kediamannya di Widya Chandra," tutur Agus Salim dalam siaran pers, dilansir dari detik.com, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: 43 Pegawai KPK Positif COVID-19 Dilaporkan Sembuh, 112 Orang Masih Terpapar

Baca juga: Mulai 12 Juli, PPKM Darurat Diberlakukan di 15 Kabupaten/Kota Luar Jawa-Bali

Agus mengatakan, sidang isbat tetap melibatkan sejumlah unsur masyarakat. Mulai dari Duta Besar Negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), pimpinan ormas Islam, dan sebagainya.

"Mereka semua telah diundang, dan akan mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan," ungkap Agus.

Bagi masyarakat yang ingin memantau sidang isbat, Kemenag telah menyiapkan beberapa media. Masyarakat bisa memantau via zoom, atau di channel YouTube Kemenag, BimasIslam TV dan juga TVRI.

Agus menjelaskan, jadwal pelaksanaan sidang isbat akan terbagi dalam tiga tahap. Sesi pertama, dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijah 1442 H oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) Thomas Djamaluddin.

Sesi kedua, sidang isbat dimulai setelah Magrib dan dipimpin oleh Menag secara daring. Sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik di Indonesia.

"Dan sesi ketiga, Menteri Agama mengumumkan hasil sidang isbat 1 Zulhijah 1442 H, (sekaligus penentuan Idul Adha 1442 H) secara telekonferensi pers dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," tutur Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Agus Salim, seperti dilansir dari Cnnindonesia.com. (C)

 

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambal

Artikel Terkait
Baca Juga