Silsilah Keluarga Penyanyi Indonesian Idol Salma di Muna, Kakek Berasal dari Walengkabola

La Ode Muhlas, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
Silsilah Keluarga Penyanyi Indonesian Idol Salma di Muna, Kakek Berasal dari Walengkabola
Momen pertemuan ayah Salma (tengah) bersama keluarga, saat pulang kampung di Walengkabola, Kabupaten Muna pada 2018. Foto: Ist.

" Penyanyi jebolan Indonesian Idol 2023, Salma Salsabila beberapa waktu lalu berhasil menghibur penggemarnya saat diundang dalam kegiatan Sulawesi Tenggara QRIS Connect-QRIS goes To di kampus Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Penyanyi jebolan Indonesian Idol 2023, Salma Salsabila beberapa waktu lalu berhasil menghibur penggemarnya saat diundang dalam kegiatan Sulawesi Tenggara QRIS Connect-QRIS goes To di kampus Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Salma tampil di ruang Auditorium Mokodompit dengan menyanyikan sedikitnya lima lagu, disaksikan langsung hingga ratusan penggemarnya berjuluk Salmine.

Di balik sela-sela manggungnya, Salma mengutarakan sebuah pengakuan yang sontak membuat riuh para penonton. Dia bilang kalau dirinya mempunyai garis keturunan asal Kota Raha, Kabupaten Muna.  

"Jadi aku tuh sebenarnya juga salah satu turunan dari Raha. Ada yang dari Raha?" pernyataan Salma lekas bersambut teriakan meriah para penonton.

Baca Juga: Salma Salsabila Juara Idol 2023 Ternyata Keturunan Muna Sulawesi Tenggara

"Jadi cerita sedikit aja. Jadi karena opa aku atau kakekku itu lahirnya di Raha. Ada yang dari Raha juga? Hai saudara-saudaraku," sambung Salma semakin menambah kemeriahan penonton.

Menurut Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Kabupaten Muna, Hadi Wahyudi, penyanyi Salma benar memiliki darah keturunan orang Muna dari kakeknya. Kakek Salma bernama Bendaruddin Mandaya, lahir di kampung Walengkabola, Kecamatan Tongkuno. Wilayahnya berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Raha.

Hadi mengungkapkan, kakek Salma dulunya tinggal di Walengkabola sebelum berpindah ke Kota Surabaya, Jawa Timur untuk menjalankan tugas sebagai tentara angkatan laut.

Dikatakan Hadi, kakek Salma pindah menetap di Surabaya sejak periode 1970-an. Di Surabaya, Bendaruddin menikahi seorang perempuan warga setempat kemudian mempunyai beberapa orang anak di antaranya ayah Salma.

"Kakeknya Salma yaitu Pak Bendaruddin adalah orang Muna. Almarhum adalah tentara angkatan laut yang bertugas di Surabaya. Menikah dengan orang Surabaya maka lahirlah ayahnya Salma, Ferid," kata Hadi melalui pesan singkat, Sabtu (17/6/2023).

Menurut Hadi, silsilah rumpun Salma sesuai turunan kakeknya berhubungan darah lanjutan dengan Raja Muna, La Ode Bulae bergelar Sangia Laghada.

Hadi merunut jejak garis kekeluargaan Salma di Muna, mulai dari ayahnya Denis Ferid Mandaya bin Bendaruddin Mandaya bin La Ode Opa bin La Ode Mandaya bin Kapitalao La Ode Hasiru bin Raja Muna, La Ode Bulae alias Sangia Laghada.

Hadi mengaku, pernah sekali bertemu kakek Salma sewaktu masih menempuh pendidikan perguruan tinggi di kota pahlawan itu. Mereka bertemu di kompleks perumahan tentara angkatan laut, ketika Hadi turut hadir dalam kegiatan arisan Kerukunan Keluarga Muna Jawa Timur.

"Saya dulu di Surabaya sempat bertemu dengan kakeknya di rumah om La Tulusi, sekitar tahun 2001. Kebetulan mereka sama-sama TNI Angkatan Laut. Saya di Surabaya 1998 sampai 2007," ungkapnya.

Baca Juga: Rekam Jejak Salma Juara Indonesia Idol 2023, Sempat 4 Kali Gagal Kompetisi

Sementara ayah Salma, Ferid menurut Hadi pernah pulang membawa beserta istri menemui keluarganya di Walengkabola pada 2018. Kepulangan Ferid bersama ibu Salma, Ita Kusrini saat itu sempat diabadikan lewat beberapa dokumentasi foto.

Foto pertemuan ayah Salma bersama keluarga juga didapati melalui salah satu unggahan akun Facebook Herlina Mandaya. Dalam unggahan berlatar sebelas gambar itu, terlihat ayah Salma duduk di barisan paling depan mengenakan baju hijau.

"Ya Allah kedatangan saudara sepupu keluarga Mandaya dari Surabaya dan Probolinggo. Sudah berapa tahun nggak ketemu jadi kumpul deh sama om-omku, om La Ode Muhlin dan Saudin Mandaya," ungkap Herlina Mandaya dalam unggahannya. (A)

Penulis: La Ode Muhlas

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga