Simak 10 Program Unggulan Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 16 Juli 2024
0 dilihat
Simak 10 Program Unggulan Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas
Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas mengumumkan 10 program unggulan menuju Pilkada 2024. Foto: Kolase

" Sebanyak 10 program unggulan yang ditawarkan bakal calon Gubernur Lukman Abunawas menjual Sultra Emas yang amanah 2024-2029 "

KENDARI, TELISIK.ID - Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas mengumumkan visi misinya menuju Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Sebanyak 10 program unggulan yang ditawarkan Lukman Abunawas menjual Sultra Emas yang amanah 2024-2029. Berikut program unggulan yang ditawarkan Lukman Abunawas.

Pertama, Sultra Beriman dan Berbudaya, program ini memberikan insentif setiap bulan umrah gratis bagi guru TPA/Imam masjid dan pemuka agama lainya ke tempat peribadatan suci.

Kemudian biaya operasional rumah ibadah, pesantren dan lembaga adat, pendirian satu pusat rumah budaya di setiap kabupaten atau kota.

Kedua, Sultra Cerdas, program ini memberikan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa vokasi, S1, S2, S3, spesialis atau profesi. Kemudian peningkatan kapasitas guru, peningkatan sarana dan prasarana di satuan pendidikan.

Baca Juga: Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas Disambut Antusias Simpatisan Usai Dapat Rekomendasi

Ketiga, Sultra Sehat, program ini memberikan pembangunan satu rumah sakit, satu rumah singgah dan kendaraan operasional gratis untuk pasien dan keluarganya. Pelayanan kesehatan gratis dan pemberian makanan bergizi bagi anak dan ibu hamil. Peningkatan insentif bagi tenaga kesehatan dan Kader Posyandu.

Keempat, Sultra Produktif, mengembangkan UMKM, usaha rintisan baru, ekonomi kreatif atau produktif bagi petani, peternak, nelayan. Milenial/gen-z dan pemerataan bantuan modal untuk kelompok usaha. Bantuan penguatan kapasitas seluruh BUMDes.

Kelima, Sultra Mandiri Pangan, memberi bantuan bibit, pupuk, pestisida, alat dan mesin, bantuan operasional dan pemberian insentif bagi tenaga penyuluh pertanian, petani, peternak, nelayan. Bantuan operasional sekolah pertanian rakyat (SPR), serta pembentukan kawasan agropolitan di setiap kabupaten atau kota.

Keenam, Sultra Profesional dengan peningkatan TPP bagi ASN dan kenaikan gaji bagi non ASN (pegawai, guru, tenaga kesehatan, teknis lainya).

Ketujuh, Sultra Peduli Kemiskinan yaitu program bedah rumah, kredit usaha bagi masyarakat kurang mampu dengan bunga nol persen.

Baca Juga: DPP Demokrat Resmi Usung Lukman Abunawas dan La Ode Ida Calon Gubernur dan Wagub Sulawesi Tenggara

Kedelapan, Sultra Digitalisasi, program ini memberikan tata kelola berbasis e-government pada seluruh OPD, kemudahan proses bantuan KUR, pembangunan menara seluler BTS di daerah terpencil, penyediaan hotspot internet gratis di seluruh wilayah.

Kesembilan, Sultra Infrastruktur, program ini memberikan pembangunan stadion sepak bola bertaraf international, kawasan Sport Centre dan pusat ekonomi terpadu, pembangunan Sultra convention and religion centre sebagai pusat kegiatan keagamaan, seni, budaya, expo, dan kegiatan publik lainnya serta peningkatan pembangunan dermaga, jalan dan jembatan.

Kesepuluh, Sultra Aman dan Tertib, program ini dilakukan dengan pembentukan setiap kecamatan satu posko bantuan hukum gratis, pembentukan satu satgas mafia tanah, illegal mining, illegal fishing, illegal logging masing-masing satu di kabupaten/kota. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga