Simak 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Tablet Android

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 30 Desember 2022
0 dilihat
Simak 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Tablet Android
Selain smartphone, tablet dapat digunakan untuk menunjang aktivitas harian, seperti mengakses hiburan dan bekerja. Foto: Repro Kompas.com

" Hal pertama yang mesti Telisikers pertimbangkan sebelum membeli tablet Android adalah spesifikasi layar, baik dari segi ukuran maupun resolusi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Seperti diketahui, penggunaan komputer tablet saat ini sudah mulai menjadi hal umum ataupun trend bagi masyarakat, salah satunya adalah OS Android.

Sebelum munculnya komputer tablet OS Andoroid, tablet yang banyak digemari masyarakat yakni iPad dan KindleFire. Sayangnya, harga yang ditawarkan terbilang relatif mahal bagi masyarakat Indonesia secara umum.

Hingga semakin berkembangnya teknologi maka muncullah tablet dengan OS Android yang ditawarkan dengan harga yang relatif sangat murah.

Namun walau begitu, masalah yang sering menjadi kendala yakni konsumen dibuat bingung memilih tablet Android mana yang akan mereka beli, karena saat ini tablet Android tersedia dari yang berharga di bawah satu juta rupiah hingga di atas lima juta rupiah. Kemudian spesifikasi yang ditawarkan pun bermacam-macam.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam memilih tablet Android yang tepat, sebaiknya perhatikan empat hal berikut yang dirangkum dari berbagi sumber, agar Anda tidak salah pilih.

1. Resolusi dan ukuran layar

Hal pertama yang mesti Telisikers pertimbangkan sebelum membeli tablet Android adalah spesifikasi layar, baik dari segi ukuran maupun resolusi.

Spesifikasi layar akan menentukan kenyamanan dalam beraktivitas menggunakan tablet. Setidaknya, pilih tablet Android yang beresolusi minimal 2K atau 1.200 x 2.000 piksel dengan kerapatan 225 ppi.

Baca Juga: Unik: NASA Duluan Rayakan Tahun Baru 2023 di Planet Ini

Selain resolusi, jenis layar tablet Android juga menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Untuk itu, pilih tablet Android dengan layar IPS LCD. Spesifikasi layar berikutnya adalah ukuran. Untuk memberikan sudut pandang yang luas dan nyaman saat digunakan, tablet Android dengan layar 10 inci bisa jadi opsi terbaik.

Selain luas dan nyaman, tablet dengan layar 10 inci juga kompak digunakan dan mudah dibawa ke mana-mana.

2. CPU dan RAM

Setelah layar, komponen terpenting kedua adalah CPU dan RAM. CPU terdiri processor dan chip grafis, sedangkan RAM merupakan kapasitas memori (berbeda dari memori penyimpanan internal atau eksternal).

Komponen-komponen tersebut merupakan pendukung utama peforma tablet Android. Semakin tinggi kualifikasi processor, chip grafis dan RAM maka semakin powerful tablet Android Telisikers untuk menjalankan berbagai aplikasi. Sebelum membeli tablet Android, sebaiknya Anda perlu mengetahui spesifikasi CPU dan RAM tablet tersebut.

Sebisa mungkin pilihlah processor dengan kecepatan clock dan kapasitas RAM terbesar disesuaikan dengan budget sobat. Jangan terlalu mengandalkan software benchmarking untuk menilai peforma sebuah tablet Android, sebisa mungkin cobalah menggunakan langsung untuk merasakan peformanya.

3. Konektivitas Data

Sebenarnya fitur konektivitas data juga merupakan bagian yang penting untuk sebuah tablet Android. Penggunaan sebuah tablet Android tentu akan terasa hambar jika tidak terkoneksi dengan jaringan internet.

Banyak vendor yang menawarkan berbagai pilihan konektivitas data untuk tablet Android yang mereka keluarkan. Ada tablet Android yang tidak memiliki dukungan terhadap SIM card sehingga tidak mendukung jaringan GPRS atau CDMA dan koneksi internet hanya bisal dilakukan menggunakan koneksi Wi-Fi atau memasang modem eksternal.

Baca Juga: Ilmuwan Ciptakan Vagina On A Chip

Untuk tablet Android dengan dukungan SIM card, tersedia berbagai pilihan jaringan mulai dari yang hanya mendukung GPRS saja hingga dukungan terhadap jaringan HSDPA. Silakan Telisikers pilih standar konektivitas data yang diinginkan untuk sebuah tablet Android.

4. Punya kemampuan multitasking

Untuk menunjang produktivitas, tablet yang kamu pilih juga harus mampu menjalankan multitasking. Pada tablet, kemampuan ini bisa dilihat dari keberadaan fitur split screen yang bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Fitur multitasking lain yang juga tak kalah penting pada tablet adalah floating windows.

Dengan fitur ini, tablet dapat menampilkan dua windows atau jendela pada aplikasi yang sama. Telisikers dapat membuka dokumen Microsoft Office secara bersamaan ketika bekerja.

Salah satu tablet Android yang bisa dipilih dan memiliki ketiga hal tersebut adalah Oppo Pad Air. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga