adplus-dvertising

Simak 4 Manfaat Push Up untuk Tubuh dan Kesehatan Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 05 Januari 2022
939 dilihat
Simak 4 Manfaat Push Up untuk Tubuh dan Kesehatan Kamu
Ilustrasi olahraga push up. Foto: Repro Bicycling magazine

" Push up merupakan gerakan yang bertujuan untuk melatih otot bisep dan trisep, otot bahu dan otot dada "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap orang pasti menginginkan memiliki tubuh yang ideal. Salah satunya dengan rutin melakukan olahraga push up.

Setiap jenis olahraga punya manfaatnya masing-masing, begitu pun juga dengan push up. Gerakan satu ini  bermanfaat untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas, melatih trisep, otot dada dan bahu. 

Mengutip undiksha.ac.id, push up merupakan gerakan yang bertujuan untuk melatih otot bisep dan trisep, otot bahu dan otot dada.


Banyak manfaat yang bisa didapatkan setelah melakukan push up yaitu neningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, ketika dilakukan cara yang tepat, push up juga dapat memperkuat punggung bawah dan inti dengan menarik  otot perut.

Bahkan push up tidak hanya bermanfaat untuk membentuk tubuh, juga bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari melatih kekuatan jantung, mencegah osteoporosis, serta mencegah cedera bahu dan punggung.

Baca Juga: Ini 5 Bahaya Jika Makan Ikan Asin Berlebihan

Melansir halodoc.com, berikut beberapa manfaat push up yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan Postur Tubuh dan Pertumbuhan Otot

Latihan push up dapat membuat postur tubuh lebih baik dan lebih bagus. Postur tubuh yang baik tidak hanya menunjang penampilan, tapi juga membuatmu mendapatkan hidup yang berkualitas seperti meminimalisir sakit punggung, tubuh dapat bergerak lebih lincah dan tidak mudah lelah.

Latihan push up juga meningkatkan pertumbuhan otot yang berdampak pada kekuatan, ketahanan, dan penampilan yang lebih sehat.

2. Menguatkan Otot Lengan

Latihan push up bisa menguatkan otot lengan. Saat kamu melakukan push up, kamu sedang menumpukan berat tubuh ke lengan, sehingga melatih lengan lebih kuat dan mengencangkannya.

Baca Juga: Ternyata Ada Cara Sehat Minum Kopi, Yuk Simak

Otot lengan yang kencang dan kuat tidak hanya bermanfaat untuk penampilan, tetapi juga untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti mengangkat barang dan lain-lain.

3. Menguatkan Punggung dan Inti Tubuh

Punggung dan inti tubuh (core) adalah salah satu fondasi yang dibutuhkan supaya tubuh tetap tegak sempurna dan tidak bongkok. Otot punggung dan inti tubuh yang kuat adalah jaminan hari tua yang berkualitas.

Jika kamu melatih otot inti sejak dini, maka dapat meminimalisir terjadinya kelemahan otot saat nantinya sudah lanjut usia.

4. Membentuk Bokong

Bokong yang padat adalah idaman semua orang. Jika dilihat dari segi estetika, bokong yang padat dapat menunjang penampilan.

Ketika kamu mengenakan celana atau dress yang sesuai dengan bentuk badan, maka akan terlihat lebih sempurna saat bokongmu kencang karena latihan push up. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga