Simak, 5 Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 14 Februari 2022
0 dilihat
Simak, 5 Cara Meningkatkan Omset Penjualan
Ilustrasi mengatur strategi marketing. Foto: Repro beritamalam.com

" Sebagai pengusaha, kita juga dihadapkan pada situasi penjualan yang tidak stabil dan cenderung menurun "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang membuat suatu usaha bisa terus eksis adalah penjualan. Penjualan dari produk atau jasa yang dijajakan menjadi darah bagi setiap usaha.

Mengutip polsri.ac.id, penjualan adalah sebuah usaha atau langkah konkrit yang dilakukan untuk memindahkan suatu produk, baik itu berupa barang atau jasa, dari produsen kepada konsumen sebagai sasarannya.

Dengan penjualan yang tinggi, usaha akan bisa terus bertahan menghadapi persoalan dunia usaha. Sebaliknya, jika penjualan rendah maka besar kemungkinan usaha bisa gulung tikar.

Olehnya, keuntungan atau laba memiliki peranan utama dalam hal jual beli. Dikatakan berhasil berjualan jika suatu produk berhasil dijual dan bisa meraup keuntungan.

Hanya saja, seringkali sebagai pengusaha, kita juga dihadapkan pada situasi penjualan yang tidak stabil dan cenderung menurun. Jika sudah dihadapkan dengan hal demikian, sebaiknya segera mencari solusi agar penjualan Anda kembali meningkat.

Melansir yoursay.id, berikut lima cara untuk menaikkan omset penjualan:

1. Rajin promosi

Agar penjualan kita semakin terkenal dan banyak pembeli, Anda bisa mempromosikan produk serta barang Anda ke berbagai kalangan.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam hal promosi suatu produk, di antara ada promosi langsung ke pelanggan serta promosi melalui media sosial.

2. Ramah dalam pelayanan

Orang akan kembali lagi dan membeli barang dagangan Anda ketika pembeli tersebut mendapatkan pelayanan yang ramah.

Baca Juga: Catat, Sebelum Minum Obat Perhatikan Hal Ini

Berikan pelayanan terbaik Anda dan jika pembeli membutuhkan bantuan dalam mencari produk dalam toko atau gerai, Anda bisa membantunya untuk mendapatkan barang yang dicari pembeli tersebut.

3. Berjualan di tempat yang ramai pembeli

Cara berikutnya agar omset  penjualan Anda semakin berkembang yakni berjualan di tempat yang ramai pengunjung atau padat penduduk.

Anda bisa membuka gerai atau toko di pasar ataupun di dekat jalan raya yang ramai.

4. Berikan diskon

Agar dagangan Anda semakin laris manis, berikanlah diskon kepada pembeli Anda. Pemberian diskon akan membuat pelanggan semakin tertarik dan ingin kembali membeli.

Diskon di sini bisa Anda terapkan dalam pemberian potongan harga bila pembeli membeli dagangan Anda dalam jumlah yang banyak ataupun dengan cara memberi diskon dengan pemberian hadiah barang.

5. Belajar dari usahawan yang sukses

Agar pengetahuan dan pengalaman Anda semakin berkembang dalam hal meningkatkan omset penjualan, Anda bisa mencari pengetahuan serta pengalaman dari orang yang sudah sukses.

Baca Juga: Catat, 4 Keahlian Ini Penting Dimiliki Generasi Milenial

Tentu hal ini sangat penting, agar Anda bisa meniru dan mengambil pelajaran dari yang sudah mereka lakukan. Sehingga Anda juga bisa sukses seperti mereka. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga