adplus-dvertising

Simak, 5 Kebiasaan Ini Bisa Perbaiki Kualitas Hidup Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Januari 2022
685 dilihat
Simak, 5 Kebiasaan Ini Bisa Perbaiki Kualitas Hidup Kamu
Ilustrasi menghilangkan kebiasaan buruk. Foto: Repro tamasia.co.id

" Ada baiknya mulailah melakukan aktivitas positif secara perlahan hari demi hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang mempengaruhi kualitas hidup seseorang adalah kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari sejak kecil.

Mengutip kompas.com, kebiasaan adalah hal-hal yang secara berulang dilakukan, dan dilakukannya di bawah sadar. Kebiasaan juga menyangkut cara berpikir, hasrat, dan perasaan kita, yang terbentuk oleh berbagai pengalaman kita di masa lalu.

Karena kebiasaan adalah sesuatu yang berada di bawah sadar dan cenderung menjadi semacam kebutuhan, maka ia sulit diubah.


Proses suatu perilaku atau tindakan menjadi kebiasaan disebut habit formation. Menariknya, meski sulit, kebiasaan baru bisa dibangun dan ditumbuhkan.

Maka ada baiknya mulailah melakukan aktivitas positif secara perlahan hari demi hari. Aktivitas yang dilakukan rutin akan menjadi kebiasaan yang akan berdampak pada kualitas hidup.

Melansir cnnindonesia.com, berikut 5 kebiasaan yang bisa perbaiki kualitas hidup:

1. Konsumsi makanan sehat

Mulai konsumsi makanan sehat dan tinggalkan makanan cepat saji atau yang mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi. Ingatlah apa yang dimakan adalah apa yang membentuk Anda. Makanan juga dapat menentukan suasana hati dan mempengaruhi kesehatan mental.

Studi menunjukkan konsumsi makanan sehat dapat meningkatkan nutrisi dan juga mencegah berbagai penyakit.

2. Olahraga

Berbagai bentuk olahraga bisa dilakukan, mulai dari yoga, gym, atau lari keliling kompleks perumahan.

Olahraga tidak hanya membuat Anda sehat dan dapat membantu menurunkan berat badan, tapi juga bisa meningkatkan kondisi kesehatan mental. Olahraga bisa melepaskan endorfin, zat kimia yang meredakan stres dan meningkatkan kepercayaan diri.

3. Rehat media sosial

Media sosial seolah memiliki magnet tersendiri yang membuat Anda selalu ingin berselancar di dalamnya. Namun ingat, jika terlalu lama bermain di media sosial, waktu Anda akan habis untuk sesuatu yang tidak produktif.

Baca Juga: Deretan Makanan yang Mampu Tingkatkan Fungsi Otak

Kurangi bermain media sosial. Rehatlah dari media sosial dan jadikan media sosial sebagai tempat bersantai. Alihkan waktu untuk mengerjakan sesuatu yang lebih produktif.

4. Menjaga kebersihan

Mulailah menjaga kebersihan, baik itu kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan sekitar. Menjaga kebersihan dapat memberikan banyak manfaat untuk kehidupan dan mencegah berbagai penyakit.

5. MeditasiĀ 

Dikutip dari Times of India, meditasi adalah melatih perhatian yang bisa menenangkan, membantu berpikir jernih, dan meringankan stres. Meditasi bisa meredakan emosi negatif yang Anda alami. Rutinlah melakukan meditasi setiap hari atau setiap minggu untuk pikiran yang lebih tenang. (C)

Baca Juga: Yuk, Buat Sup Ayam Jagung yang Cocok Disantap saat Hujan

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani HambaliĀ 

Artikel Terkait
Baca Juga