Simak 5 Manfaat Olahraga Malam dan Risikonya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 29 Juli 2024
0 dilihat
Simak 5 Manfaat Olahraga Malam dan Risikonya
Olahraga di malam hari memiliki beberapa potensi risiko yang perlu diperhatikan, meskipun memiliki manfaat tertentu. Foto: Repro Freepik.com

" Sebagain orang memanfaatkan malam hari untuk berolahraga. Olahraga di malam hari memiliki beberapa potensi risiko yang perlu diperhatikan, meskipun memiliki manfaat tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagain orang memanfaatkan malam hari untuk berolahraga. Olahraga di malam hari memiliki beberapa potensi risiko yang perlu diperhatikan, meskipun memiliki manfaat tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari klikdokter.com, olahraga belakangan ini bukan hanya sekadar untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup. Banyak orang kini rutin berolahraga malam hari, memanfaatkan waktu luang setelah seharian beraktivitas.

Olahraga malam hari telah menjadi kebiasaan yang dianggap wajar oleh sebagian orang. Mereka menemukan bahwa berolahraga di malam hari dapat membantu mengurangi stres dan memberikan waktu untuk diri sendiri setelah hari yang sibuk.

Olahraga di malam hari memiliki beberapa potensi risiko yang perlu diperhatikan, meskipun memiliki manfaat tertentu. Melansir halodoc.com, berikut beberapa resiko dan manfaat olahraga saat malam hari:

Baca Juga: 9 Ciri-Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

Beberapa manfaat berolahraga di malam hari antara lain:

1. Menurunkan kadar stres dalam tubuh

Berolahraga di malam hari secara rutin dapat membantu menurunkan kadar stres dalam tubuh. Aktivitas ini memicu produksi hormon endorfin yang memberikan rasa tenang di otak.

2. Menenangkan dan menjernihkan pikiran

Berolahraga di malam hari efektif menenangkan dan menjernihkan pikiran. Cara ini dapat membantu menghilangkan semua kekhawatiran dan rasa cemas dalam otak, sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

3. Mengatasi ketegangan tubuh

Duduk dalam waktu yang lama dapat memicu kaku pada otot leher, bahu, punggung, dan pinggul. Untuk mengatasinya, disarankan melakukan peregangan di malam hari. Cara ini juga memberikan efek relaksasi, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi pengidap insomnia, berolahraga malam sebelum tidur efektif meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas ini membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak dan bangun di pagi hari lebih segar.

Baca Juga: Begini Efek Tak Terduga dari PIN Polio Tetes 2024

5. Meningkatkan gairah seksual

Setelah seharian bekerja, banyak pasangan mengalami penurunan gairah seksual karena kelelahan dan stres. Namun, dengan berolahraga di malam hari, peredaran darah menjadi lebih lancar, meningkatkan energi dalam tubuh. Dengan begitu, aktivitas berhubungan intim sepulang kerja menjadi lebih menyenangkan.

Risiko Dibalik Berolahraga di Malam Hari

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, berolahraga di malam hari juga bisa menyebabkan susah tidur. Kondisi ini terjadi jika olahraga dilakukan menjelang waktu tidur. Alasannya adalah peningkatan suhu dan metabolisme tubuh setelah berolahraga.

Karena itu, tidak disarankan berolahraga satu jam sebelum tidur, terutama aktivitas dengan intensitas tinggi seperti aerobik atau angkat beban. Sebaiknya, lakukan yoga, peregangan tubuh, bersepeda, atau berjalan santai untuk mendapatkan manfaat tanpa mengganggu kualitas tidur. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga