Simak 6 Hal Ini Sebelum Membuat Sumur yang Wajib Anda Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 02 Januari 2022
0 dilihat
Simak 6 Hal Ini Sebelum Membuat Sumur yang Wajib Anda Tahu
Sebuah sumur di Bjarnarfjörður, Islandia. Foto: Repro wikipedia.org

" Upaya dilakukan agar bisa memperoleh air di rumah tangga. Selain langganan PDAM, salah satu sumber pasokan air di rumah tangga juga adalah sumur "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidak bisa dipungkiri air menjadi kebutuhan dasar bagi rumah tangga. Bahkan tanpa air manusia akan sulit hidup.

Makanya berbagai upaya dilakukan agar bisa memperoleh air di rumah tangga. Selain langganan PDAM, salah satu sumber pasokan air di rumah tangga juga adalah sumur. 

Mengutip wikipedia.org, sumur atau perigi adalah sebuah sumber air yang digali. Namun selain sumber air, sumur juga bisa merupakan sumber minyak atau gas.

Namun banyak yang terkendala dengan air sumur kotor seperti berwarna atau berbau, sehingga dibutuhkan cara menjernihkan air sumur yang tepat.

Penyebab air sumur jadi keruh bisa karena berbagai faktor, mulai dari faktor tanah dan kandungan besi yang terlalu tinggi hingga pipa yang bocor. 

Umumnya masalah-masalah ini membuat air sumur jadi berwarna kecoklatan atau kuning dan bahkan terlihat berminyak.

Sebenarnya dalam kondisi tertentu, air ini masih aman digunakan untuk beberapa keperluan, tapi kalau digunakan untuk mencuci baju apalagi dikonsumsi, tentu saja ini tidak sehat dan tidak dianjurkan.

Melansir 99.co, untuk memastikan bahwa air sumur dalam kondisi yang layak, penting juga untuk tahu kriteria sumur yang ideal dan sehat, diantaranya:

1. Memiliki kedalaman lebih dari 10 meter.

2. Jarak sumur ke toilet atau MCK setidaknya 10 meter, sehingga tidak tercemar limbah pembuangan yang bisa saja merembes ke dalam sumur.

3. Hindari menggali sumur di lahan bekas pembuangan sampah, karena meski sudah tidak ada sampah, namun bakteri dan kumannya tetap ada di lahan itu.

4. Usahakan menggali sumur di tanah yang bercampur pasir karena jenis tanah ini secara alami bisa menjaga kejernihan air.

5. Usahakan membuat sumur di lokasi yang memiliki tanaman berakar karena biasanya banyak mengandung air.

6. Hindari membuat sumur di area bekas rawa.

Baca Juga: Ingin Rajin Membaca Buku di Tahun 2022? Ketahui Dulu 8 Manfaatnya

Inilah beberapa hal yang wajib kita tahu sebelum membuat sumur baik si rumah, kantor, bahkan di tempat umum. Dengan begitu, air dari sumur tersebut bisa jernih dan aman untuk dipakai. (C)

Baca Juga: Suka Mandi Malam? Ini 7 Dampak Buruk Jika Terlalu Sering

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga