adplus-dvertising

Simak 6 Tips Memasak Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Bau

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 10 Juli 2022
654 dilihat
Simak 6 Tips Memasak Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Bau
Daging kambing siap diolah menjadi makanan siap saji. Foto: Repro liputan6.com

" Untuk diolah menjadi makanan, khususnya kambing, Anda mesti tahu cara memasaknya agar empuk dan tidak berbau "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu amalan yang dianjurkan Umat Islam di hari raya Idul Adha adalah menyembelih hewan kurban.

Hewan yang boleh dikurbankan, dikutip dari dompetdhuafa.org, di antaranya adalah binatang ternak, terdiri dari domba, kambing, unta, sapi, dan kerbau. Bukan binatang ternak unggas ataupun berjenis ikan.

Penyembelihan hewan kurban ini pun ditunggu-tunggu, selain keberkahan dan kemeriahannya, masyarakat juga dapat menerima daging hewan kurban tersebut untuk dikonsumsi.


Hanya saja untuk diolah menjadi makanan, khususnya kambing, kamu mesti tahu cara memasaknya agar empuk dan tidak berbau.

Melansir kompas.com, berikut cara memasak daging kambing agar empuk dan tidak bau.

1. Diamkan beberapa saat

Executive Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa I Made Wisnu Adiyatma memberikan tips agar olahan daging kambing empuk dan nikmat.

Wisnu menyarankan agar daging kambing itu didiamkan beberapa saat setelah disembelih.

"Alangkah baiknya kalo daging yang baru dipotong itu digantung dulu karena biasanya daging yang baru dipotong itu urat pada dagingnya masih tegang," kata Wisnu, dikutip dari Kompas.com.

Proses ini dikenal dengan teknik aging. Proses ini bisa dilakukan minimal 12 jam untuk mendapatkan daging kambing yang empuk dan lembut.

2. Buang bagian lemak daging

Lemak daging yang berwarna putih dan menempel di sekitar daging kambing disarankan untuk dibuang sampai diperoleh bagian daging tanpa urat atau tanpa otot.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing, Sajian Olahan Idul Adha Lebih Nikmat

Lemak daging itu perlu dibuang agar menghindari daging terasa alot saat dimasak.

3. Teknik potong lawan arah

Setelah membersihkan bagian lemak dari daging kambing, potong daging tersebut secara berlawanan dari serat daging.

"Daging kambing yang sudah di-aging bisa dipotong sesuai selera tetapi tetap berlawanan dengan arah serat daging," kata Wisnu.

4. Tambahkan potongan nanas

Proses selanjutnya adalah marinasi daging. Daging bisa dimarinasi dengan bumbu yang telah dihaluskan. Ketika dimarinasi, Anda bisa menambahkan potongan nanas.

Dikutip dari Science Howstuffworks, potongan nanas bisa membantu daging menjadi lebih empuk karena kandungan bromelain yang merupakan campuran alami dari dua protease yang ada dalam nanas.

Selain menggunakan potongan nanas, Anda juga bisa membungkus daging kambing dengan daun pepaya untuk melembutkan daging. Atau, bisa juga dengan baking powder.

5. Beri bawang putih

Bawang putih bisa menetralkan bau khas kambing. Namun, Chef Traveling Wira Hardiansyah menyarankan agar jumlah bawang putih yang digunakan tidak berlebihan.

Baca Juga: Tips Sehat Konsumsi Daging saat Idul Adha

"Kalau kita naikan (tambahkan banyak) bawang putih, nanti akan terjadi over bawang putih, rasanya jadi kacau," kata Wira, dikutip dari Kompas.com.

6. Marinasi dengan bumbu

Agar daging kambing tidak hambar dan kaya akan rasa, daging harus dimarinasi dengan bumbu. Saat proses marinasi, Anda bisa menambahkan garam agar kelembapan daging kambing berkurang.

Sementara bumbu marinasi bisa menggunakan rempah beraroma kuat untuk mengurangi aroma khas kambing, salah satunya dengan ketumbar bubuk. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga