Simak 7 Hal Penting Sebelum Menyimpan Daging di Freezer

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 13 Juli 2022
0 dilihat
Simak 7 Hal Penting Sebelum Menyimpan Daging di Freezer
Bungkus daging menggunakan plastik bening sebelum menyimpannya di freezer. Foto: Repro shutterstock

" Melalui pembekuan, makanan atau daging dapat bertahan lama karena berbagai senyawa yang ada pada daging juga ikut membeku "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu tempat penyimpanan ketika daging tidak langsung diolah adalah freezer.

Dikutip dari kompas.com, freezer merupakan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan dan membekukan sebuah makanan maupun minuman dan sejenisnya.

Melalui pembekuan, makanan atau daging dapat bertahan lama karena berbagai senyawa yang ada pada daging juga ikut membeku.

Namun, sebelum menyimpan daging ke freezer, sebaiknya memperhatikan tujuh hal agar kualitas daging tetap baik dan aman dikonsumsi.

Melansir yoursay.id, berikut tujuh hal yang perlu diperhatikan sebelum menyimpan daging dalam freezer:

1. Jangan Mencuci Daging

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum menyimpan daging di freezer adalah tidak mencuci daging tersebut. Alasannya adalah pencucian daging justru menambah kandungan air di dalam daging, sehingga daging menjadi lembab. Daging yang lembab akan mudah menjadi tempat tinggal bakteri.

2. Berat dan Ukuran Daging

Perhatikan juga berat dan ukuran daging. Sebaiknya iris daging menjadi beberapa potongan kecil. Dengan begitu daging akan lebih cepat membeku setelah dimasukkan ke freezer.

Sesuaikan ukuran daging dengan kebutuhan memasakmu. Usahakan satu wadah plastik berisi daging dengan porsi satu kali masak. Hal ini agar tidak perlu memasukkan lagi sisa daging yang sudah dikeluarkan dari freezer.

3. Jenis Plastik Pembungkus Daging

Perhatikan jenis plastik yang digunakan untuk membungkus daging. Sebaiknya gunakan plastik bening. Jangan menggunakan plastik kresek yang hitam atau yang berwarna karena dikhawatirkan pewarna sintesis dan zat lain dalam plastik kresek akan merusak kualitas daging.

Baca Juga: Simak 6 Tips Memasak Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Bau

4. Ketebalan Plastik Pembungkus Daging

Bungkuslah daging dengan plastik yang tebal. Seperti yang kita ketahui, daging segar terkadang masih mengandung darah. Jika menggunakan plastik tipis, dikhawatirkan plastik itu mengalami kebocoran yang mengakibatkan darah daging meluber keluar dan mengotori freezer.

5. Jumlah Lapisan Plastik Pembungkus Daging

Usahakan menggunakan plastik pembungkus berlapis. Sebaiknya gunakan plastik dengan 2 sampai dengan 4 lapisan, tergantung dengan ketebalan plastik tersebut. Hal ini karena semisal plastik lapisan pertama bocor, masih ada plastik lapisan selanjutnya.

6. Kuat Tidaknya Ikatan 

Baca Juga: Simak Cara Olah Daging Sapi Jadi Empuk dengan Nanas

Selain hal-hal di atas, perhatikan juga mengenai kuat tidaknya ikatan untuk mengikat plastik pembungkus daging. Sebaiknya mengikat plastik dengan kuat. Jika ada alat untuk merekatkan plastik, bisa menggunakan alat tersebut. Jika tidak punya, bisa menggunakan karet gelang atau tali rafia yang diikat dengan kuat.

7. Batas Aman Penyimpanan Daging

Hal terakhir yang sebaiknya diperhatikan sebelum menyimpan daging di freezer adalah batas aman penyimpanan daging.

Dikutip dari laman Halodoc, batas aman menyimpan daging di freezer adalah selama 4 sampai dengan 12 bulan dengan suhu -18 derajat celcius. Agar tidak lupa, tandai batas aman tersebut di kalender. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga