adplus-dvertising

Simak 8 Cara Mudah Bersihkan Memori HP Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 05 April 2022
739 dilihat
Simak 8 Cara Mudah Bersihkan Memori HP Kamu
Ilustrasi memori smartphone. Foto: Repro tribunjualbeli.com

" Saat memori HP penuh, Anda tidak bisa mengambil foto lewat kamera karena tidak ada lagi ruang penyimpanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu bagian ponsel atau Handphone (HP) yang harus dipastikan berjalan dengan baik adalah memori internal smartphone itu sendiri.

Mengutip carisinyal.com, memori internal adalah tempat penyimpanan berbagai data yang ada di smartphone. Fungsinya mirip seperti HDD atau SSD di komputer.

Sebagai tempat penyimpanan, data yang ada di memori internal dapat dibaca, ditulis, dipindahkan, atau dihapus.


Namun momori ponsel yang penuh bisa membuat kinerjanya jadi tidak maksimal. Saat memori HP penuh, Anda tidak bisa mengambil foto lewat kamera karena tidak ada lagi ruang penyimpanan. Atau, Anda harus mengikuti kebijakan menutup aplikasi agar bisa membuka aplikasi lain.

Beberapa cara bisa dipakai menyiasati masalah ini.

Dikutip cnnindonesia.com dari Techlicious, berikut delapan tips cara untuk membersihkan HP Android supaya bisa bekerja secara maksimal:

1. Identifikasi Penyebab Penuhnya Memori

Seperti laptop, smartphone menggunakan solid-state drive untuk penyimpanan. Tapi, memaksimalkan drive ini dapat memperlambat kinerja ponsel.

Pengujian menunjukkan bahwa menggunakan tidak lebih dari 75 persen dari total penyimpanan solid-state drive komputer membantu kinerja. Jika kelambanan menjadi masalah, usahakan untuk menghapus cukup banyak file.

Caranya, Buka Pengaturan> Penyimpanan > di mana Anda dapat melihat berapa persentase dari total penyimpanan yang telah Anda gunakan, dan jenis aplikasi apa yang mencapatkan porsi besar.

Biasanya, foto menjadi yang paling banyak menghabiskan memori di ponsel.

2. Kosongkan Ruang Memori

Hal paling mudah untuk bisa dengan cepat mengosongkan tempat di memori ponsel adalah dengan menghapus unduhan, aplikasi yang jarang digunakan, serta mencadangkan foto dan video.

Bagi mereka yang menjalankan Android 8.0 Oreo, Anda bisa dengan mudah membuka Pengaturan> Penyimpanan > dan mengetuk "Kosongkan ruang."

Jika ponsel Anda menjalankan Android 7.0 Nougat atau lebih lama Anda harus menghapusnya satu-satu secara terpisah.

3. Cek Aplikasi dan File yang Banyak Makan Tempat

Storage Manager juga bisa menunjukkan berapa banyak ruang yang digunakan berbagai kategori aplikasi dan membandingkannya.

Misalnya game, aplikasi musik, atau aplikasi film/TV yang lebih dari satu. Anda bisa menghapus salah satunya untuk memberikan kinerja maksimal kepada HP Anda.

Baca Juga: Semakin Canggih, Begini Kehebatan Teknologi Al pada Kamera Smartphone

Jika Anda bingung memilih aplikasi yang akan dihapus, Anda bisa melihat dari sisi lain. Misalnya, aplikasi mana yang jarang Anda gunakan untuk di-uninstall.

4. Kelola Musik dan Podcast

Jika Anda menggunakan aplikasi Google Play Musik untuk streaming musik dan podcast, Anda mungkin secara tidak sengaja mengunduh musik yang dibeli atau diunggah ke perangkat Anda, atau mengizinkan aplikasi untuk mengunduh tiga episode terbaru podcast berlangganan secara otomatis.

Itu mungkin berarti Anda memiliki banyak sekali media di perangkat Anda yang sebenarnya tidak perlu.

Anda dapat melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan musik dan podcast di Play Music > Settings > Downloading > Manage downloads, di mana Anda juga akan melihat perbandingannya dengan penggunaan penyimpanan aplikasi lain.

Untuk menghapus unduhan ini, ketuk Perpustakaan Musik > Lagu dan hapus secara manual lagu demi lagu (atau episode podcast).

Untuk mencegah unduhan otomatis di masa mendatang, di aplikasi Play Musik, buka Pengaturan > Mengunduh dan nonaktifkan pengaturan.

5. Rapihkan Penyimpanan Foto

Di Foto, tekan menu kiri atas dan pilih "Folder Perangkat," di mana Anda akan melihat kategori seperti Tangkapan Layar, gambar WhatsApp, video dan gif, gambar Instagram, dan file gambar lain yang dibuat di berbagai aplikasi Anda.

Anda dapat menghapus sekaligus satu folder yang dianggap tidak penting. Anda juga dapat mematikan sinkronisasi ke Foto Google. Jadi, pastikan Anda menyinkronkan foto dan video sebelum menghapusnya dari ponsel.

6. Hapus Simpanan Peta Offline

Fitur luring alias offline Google Maps dapat menjadi anugerah untuk bernavigasi ke luar negeri tanpa dikenakan biaya roaming. Namun, peta kota Paris atau Casablanca yang disimpan dapat berkontribusi pada penyimpanan ponsel Anda yang semakin menipis.

Untuk mengatasinya, buka Google Maps dan ketuk tombol menu kiri atas untuk melihat - dan menghapus - peta offline tempat Anda tidak lagi berada.

7. Kosongkan Cache Aplikasi atau Data aplikasi

Selama operasi, aplikasi membuat file cache yakni bit data yang dibuat saat Anda menggunakan aplikasi untuk membuat aplikasi berjalan lebih cepat.

Besaran cache bergantung pada seberapa banyak Anda menggunakan aplikasi. File yang di-cache dapat menumpuk hingga ukuran yang cukup besar, tetapi untungnya file tersebut dapat dihapus dengan aman.

Baca Juga: Teknologi 5G Segera Hadir di Indonesia

Avast menyebut membersihkan cache dari aplikasi Android bisa buat kinerja Android jadi jauh lebih baik. Sebab, hanya dalam lima menit penggunaan, aplikasi populer ini mengumpulkan ratusan item boros.

Misalnya, Facebook yang mamakan kapasitas data memori 79 MB file memiliki cache 561 item. Instagram dengan 38 MB, cache 151 item.

File-file tersebut diperlukan saat aplikasi sedang berjalan. Namun, aplikasi cenderung lupa untuk membersihkan file sementara saat tidak lagi diperlukan. Jadi data hanya memakan ruang yang tidak perlu.

8. Lakukan reset pabrik

Dengan begitu banyak aplikasi, termasuk foto dan kontak yang mampu menyinkronkan ke cloud, melakukan reset pabrik bukan opsi eksplosif seperti deep clean di komputer.

Opsi ini bisa menjadi cara terbaik untuk membersihkan sampah dari ponsel Android Anda.

Menyetel ulang ponsel Anda berarti Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda instal ulang. Periksa di Pengaturan > Sistem > Cadangan > Data aplikasi yang telah Anda aktifkan Pemulihan otomatis sehingga saat menginstal ulang aplikasi ini, data dan pengaturannya dipertahankan.

Terakhir, buka Settings > System > Reset options > Factory reset - dan nikmati ponsel baru Anda yang keren.

Jika ruang penyimpanan di HP Anda sudah kembali pulih, kinerja ponsel pun bakal kembali maksimal. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga