Simak 9 Tips Ampuh Beli Tiket Pesawat Murah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 04 April 2024
0 dilihat
Simak 9 Tips Ampuh Beli Tiket Pesawat Murah
Untuk dapat tiket pesawat murah ada cara yang bisa dilakukan. Foto: Repro Freepik/asier_relampagoestudio

" Salah satu moda transportasi yang kerap digunakan, khususnya saat bepergian jauh adalah pesawat. Untuk bisa membeli tiket pesawat dengan harga yang murah, ada banyak cara untuk mendapatkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu moda transportasi yang kerap digunakan, khususnya saat bepergian jauh adalah pesawat. Untuk bisa membeli tiket pesawat dengan harga yang murah, ada banyak cara untuk mendapatkan.

Pada umumnya, dikutip dari Wikipedia, tiket maskapai penerbangan atau bisa disebut juga tiket pesawat merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah maskapai penerbangan atau agen perjalanan, untuk mengkonfirmasi bahwa seseorang telah membeli kursi penerbangan di pesawat terbang.

Dokumen ini kemudian digunakan untuk mendapatkan pas naik di bandara. Kemudian dengan pas naik dan tiket terlampir, penumpang diperbolehkan untuk naik pesawat.

Adakalanya harga tiket pesawat ini mengalami kenaikan harga, khususnya saat hari liburan atau hari besar keagamaan. Dimana pada momen tersebut, banyak orang melakukan perjalanan mudik atau liburan, sehingga biasanya harga tiket pesawat pun ikut naik.

Maka untuk bisa membeli tiket pesawat dengan harga yang murah, ada banyak cara untuk mendapatkan.

Baca Juga: 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dan trik agar dapat membeli tiket pesawat murah:

1. Pesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Jika ingin memesan tiket pesawat lebih murah, jangan membeli saat mendekati waktu keberangkatan. Upayakan untuk membeli dari 5-12 minggu sebelum keberangkatan agar harga yang didapat bisa lebih murah. Tidak bisa dijamin apakah harganya akan turun atau bahkan bisa saja naik

2. Gunakan Paket Liburan

Biasanya, paket liburan menawarkan potongan harga untuk penerbangan dan akomodasi. Pasalnya, perusahaan travel memesan tiket dalam jumlah besar pada maskapai sehingga mendapat diskon besar-besaran. Hal ini memungkinkan mendapat harga liburan lebih murah dari harga penerbangan reguler.

3. Teliti dengan Rincian Biaya Pesawat

Seringkali ada biaya tersembunyi di balik harga tiket pesawat murah, seperti pajak udara, biaya bagasi, pemilihan kursi, asuransi perjalanan, atau fitur lainnya secara otomatis tanpa persetujuan penumpang. Jadi pastikan untuk memeriksa keseluruhan biayanya dengan rinci agar harga perjalanan udara bisa didapat lebih murah.

4. Beli Tiket Menjelang Tengah Malam

Dengan membeli tiket pesawat tengah malam, khususnya di atas jam 22.00, ada kemungkinan harganya lebih murah hingga 10 persen. Pada jam-jam tersebut, banyak calon pembeli yang tak menyelesaikan pembayaran hingga membuat stok kursi pesawat bertambah.

5. Terbang Saat Low Season

Low season adalah periode ketika orang-orang sedikit berkunjung ke suatu tempat. Di Indonesia low season biasanya pada pertengahan Januari hingga April atau September hingga awal Desember. Hindari memberi tiket pesawat dengan jadwal terbang high season seperti momen Lebaran, Nataru, atau libur sekolah.

6. Pilih Maskapai Tipe Low Cost Carrier

Maskapai low-cost carrier (LCC) menawarkan harga tiket pesawat yang lebih murah karena pelayanannya yang terbatas. Demi harga tiket pesawat yang murah, mungkin akan menjadi risiko jika kursi atau ruang kaki lebih sempit. Upayakan juga untuk tidak terlalu banyak membawa barang karena bagasi tipe maskapai ini cukup mahal.

7. Terbang di Hari Kerja

Memilih penerbangan pada hari kerja bisa menghemat uang karena harga penerbangan di luar hari libur, terutama hari Selasa dan Rabu biasanya lebih murah. Hal ini karena hari kerja kurang populer dijadikan sebagai hari untuk bepergian.

Baca Juga: 4 Tips Agar Puasa Aman Bagi Penderita Maag

8. Cari Promo dan Diskon

Banyak situs web maskapai penerbangan ataupun Online Travel Agent (OTA) yang biasanya menyediakan promo atau diskon menarik.

Pastikan untuk selalu memantau situs resminya agar tidak kehabisan mendapat tiket pesawat murah. Selain itu, banyak juga bank yang menyediakan promo perjalanan dengan kartu kredit atau debit mereka.

9. Terbang Lebih Pagi

Selain terdapat hari kerja yang biasanya menjadi hari dengan harga pesawat murah, ada jam-jam tertentu yang menjadi waktu yang kurang populer untuk bepergian sehingga harganya lebih murah, misalnya pada jam 6 pagi.

Nah, itulah beberapa tips dan trik dalam membeli tiket pesawat agar dapat yang murah. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga