Simak Cara Buat Teh yang Enak Tanpa Gula dan Susu

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 05 Juli 2022
0 dilihat
Simak Cara Buat Teh yang Enak Tanpa Gula dan Susu
Beberapa cara menyajikan teh yang enak tanpa harus menambahkan gula dan susu, salah satunya dengan menambahkan daun mint. Foto: Repro Tirto.co

" Penambahan gula dan susu pada teh justru bisa merusak manfaat kesehatan esensial dari segelas teh "

KENDARI, TELISIK.ID - Teh merupakan salah satu minuman paling favorit yang disukai seluruh orang di dunia. Selain rasanya yang enak, teh juga dapat membantu menghilangkan rasa ngantuk serta memperbaiki suasana hati.

Adapun untuk penyajiannya, teh kerap kali ditambahi berbagai macam bahan lainnya seperti gula, krimer hingga susu. Hal itu bertujuan untuk menambah kenikmatan dari minuman tersebut.

Namun tahukah kamu, penambahan gula dan susu ini justru bisa merusak manfaat kesehatan esensial dari segelas teh? 

Mengutip dari Grid.id, terlalu banyak gula dan susu akan membahayakan tubuh meski minuman yang sering disebut milk tea ini populer di kalangan anak muda, apalagi jika ditambahkan bubble dari jelly, khususnya flavonoid dalam teh, yang disebut katekin, dikatakan baik untuk jantung.

Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa sekelompok protein dalam susu, yang disebut kasein, berinteraksi dengan teh untuk mengurangi konsentrasi katekin.

Berikut adalah beberapa kerugian dari minum teh susu, dilansir dari American Heart Associtation:

1. Insomnia

Seperti halnya kopi, teh juga kaya akan kafein. Minum lebih dari dua cangkir teh sehari dapat menyebabkan gangguan tidur. Ini dianggap sebagai salah satu efek samping paling umum dari teh dengan susu dan gula.

2. Sembelit

Bahan kimia yang disebut teofilin hadir dalam teh dapat membantu detoksifikasi tubuh. Tetapi terlalu banyak teofilin dapat membuat kita dehidrasi dan menyebabkan sembelit yang parah.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Tubuh dengan Konsumsi Kayu Manis, Ini 4 Manfaatnya

3. Kembung

Terlalu banyak minum teh susu dapat menyebabkan perut kembung. Kafein dalam teh adalah penyebab kembung.

4. Defisiensi Nutrisi

Efek samping lain dari konsumsi teh yang berlebihan adalah kekurangan nutrisi. Studi mengatakan, menyeduh teh dan susu secara bersamaan dapat menghambat penyerapan nutrisi penting dalam tubuh.

Lantas bagaimana cara menyajikan teh yang enak tanpa menggunakan gula dan susu?

Dikutip dari Detik.com, berikut ini 7 bahan alami untuk membuat teh terasa enak tanpa gula menurut Everyday Health:

1. Kulit jeruk

Parutan kulit jeruk nipis atau lemon yang juga dikenal dengan istilah lemon zest ternyata tidak hanya dapat menambah aroma pada kue atau masakan saja. Ketika parutan jeruk ini ditambahkan ke dalam teh dapat menambahkan rasa sedikit asam dan pahit yang seimbang dengan aroma yang menyegarkan.

Tips ini disarankan terutama untuk kamu yang ingin menikmati teh sebagai minuman hangat untuk teman bersantai.

2. Campur dengan buah

Tidak kalah enak dengan racikan es teh di kafe yang dapat menggabungkan rasa buah dan teh, ternyata hal ini juga bisa dilakukan di rumah.

Di rumah kamu bisa membuat lemon tea dengan teh segar yang baru saja diseduh dengan ditambahkan perasan jeruk lemon maupun jeruk nipis yang lebih asam dan tentunya dengan kadar kalori yang jauh lebih rendah.

3. Tambah bahan herbal

Secangkir teh bisa meningkat kelezatan dan kesegarannya jika dipadukan dengan beberapa jenis tanaman herbal. Misalnya secangkir teh yang hangat bisa dicampurkan dengan daun mint yang sebelumnya ditekan atau sedikit diremas untuk mengeluarkan rasa dan aroma daun mint.

4. Tambahkan soda

Soda yang dimaksud adalah menambahkan sparkling water atau air mineral berkarbonasi yang tanpa pemanis.

Baca Juga: Hati-hati, Makan Es Batu Bisa Berdampak Buruk bagi Kesehatan Tubuh

Biasanya racikan ini akan lebih cocok jika diterapkan pada es teh. Sensasi minum minuman bersoda yang menyenangkan bisa didapatkan tanpa harus mengonsumsi minuman kemasan yang tinggi gula.

5. Campur rempah-rempah

Menambahkan rempah-rempah ke dalam teh juga dinilai dapat memberikan rasa yang lebih enak serta khasiat yang lebih baik dari komponen alami yang terdapat pada rempah.

Misalnya seperti kayu manis bubuk, cengkeh atau parutan jahe untuk membuat teh terasa lebih hangat di tenggorokan.

6. Buat es batu yang berbeda

Es batu tidak hanya bisa dibuat dengan air mineral saja. Beberapa ahli mixology menyarankan untuk membuat es batu dengan campuran potongan buah seperti strawberry, irisan lemon atau jeruk nipis atau beberapa lembar daun mint.

Ketika es batu tersebut mencair, hasilnya akan tercipta rasa teh yang unik dengan pengalaman minum teh yang berbeda. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga