Simak, Ini 6 Tips Semangat Bekerja Setelah Mudik Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 05 Mei 2022
0 dilihat
Simak, Ini 6 Tips Semangat Bekerja Setelah Mudik Lebaran
Ilustrasi bekerja produktif. Foto: Repro shutter stock

" Salah satu yang biasa dirasakan setelah liburan, apalagi pasca mudik Lebaran adalah merasa malas untuk kembali bekerja "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang biasa dirasakan setelah liburan, apalagi pasca mudik Lebaran adalah merasa malas untuk kembali bekerja.

Perasaan yang masih ingin menikmati liburan ini seringkali menghinggapi siapa saja. Parahnya, hal ini akan mengganggu semangat untuk kembali mengerjakan pekerjaan kantor atau bisnis.

Memang ada beberapa kaum pekerja yang merasa masih ingin berlama-lama menikmati liburan, namun ada juga yang sudah ingin lekas bekerja karena banyak pekerjaan yang ingin diselesaikan.

Melansir blog.procura.id, bagi yang kehilangan semangat bekerja setelah mudik, ini ada beberapa tips yang bisa disimak agar tetap semangat bekerja setelah mudik:

1. Membuat Rencana Kerja 1 Hari Sebelumnya

Salah satu tips semangat bekerja setelah mudik yang pertama kali harus kita lakukan adalah membuat rencana kerja apa saja yang akan Anda lakukan di hari pertama bekerja.

Baca Juga: Yuk, Simak Tips Berbusana Muslim untuk Tampil Pesona saat Lebaran

Susun rencana di waktu senggang kita 1 hari sebelum Anda bekerja. Agar saat keesokan harinya ketika Anda tiba di tempat kerja, Anda sudah mengetahui poin-poin pekerjaan apa saja yang akan Anda lakukan di hari pertama bekerja.

Tidak hanya menyusun rencana kerja, Anda juga harus beristirahat yang cukup satu hari sebelum bekerja. Agar hari pertama bekerja Anda tetap bersemangat dan tidak kelelahan akibat perjalanan balik dari kampung halaman.

2. Datang Lebih Pagi

Jangan lupa pasang alarm sebelum tidur agar esok dapat bangun lebih awal. Datang ke kantor lebih pagi dapat membuat Anda lebih santai karena tidak kesiangan dan tidak dikejar-kejar oleh waktu.

Anda dapat melakukan beberapa persiapan kecil di kantor agar tetap semangat seperti membersihkan meja kerja dari debu, merapikan dokumen-dokumen kerja, mengecek e-mail yang masuk, dan lain sebagainya.

3. Mendengarkan Musik/Radio

Musik merupakan salah satu cara untuk menaikkan mood positif Anda dalam bekerja agar tetap bersemangat dan dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Anda bisa mendengarkan musik lewat radio kesukaan Anda ataupun playlist di ponsel genggam.

Hindari lagu-lagu yang membuat hati menjadi galau apalagi tidak bersemangat. Pilih lagu dengan nada-nada yang membangkitkan semangat positif Anda. Tidak hanya mendengarkan musik saja, Anda juga dapat mendengarkan info-info update di radio kesukaan sambil ditemani segelas kopi.

4. Berbagi Cerita dan Oleh-oleh

Nah, jangan lupa untuk menceritakan hal-hal yang membuat Anda bahagia selama waktu liburan Lebaran kemarin pada teman-teman kerja. Agar suasana kantor/tempat kerja semakin hidup dengan sharing cerita liburan satu sama lain.

Tak hanya itu, Anda juga bisa berbagi oleh-oleh khas dari kampung halaman seperti makanan ringan yang bisa dijadikan camilan di kantor, kain tradisional seperti syal kecil yang bisa memperindah gaya berbusana teman Anda ke kantor, dan lain sebagainya.

5. Mengatur Waktu

Anda harus pandai mengatur waktu dalam bekerja. Tidak semua pekerjaan harus diselesaikan pada hari pertama Anda bekerja, kok. Lakukan pekerjaan di kantor Anda secara step by step.

Pilah lebih dahulu mana yang menurut Anda menjadi prioritas agar tidak menjadi beban bagi Anda. Sisanya dapat Anda kerjakan di hari berikutnya sehingga Anda tetap semangat bekerja setelah mudik.

6. Mengubah Mindset

Tips yang terkahir yang bisa kamu lakukan saat kembali bekerja pasca liburan adalah mengubah mindset.

Baca Juga: Wajib Diketahui, Ini 4 Cara Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran

Mengutip parapuan.co, butuh kedisiplinan dan tekad yang lebih untuk kembali bekerja, baik berangkat ke kantor maupun work from home.

Bersikap tegas pada diri sendiri untuk kembali bekerja sangat penting. Jangan biasakan melakukan hal lain di sekitar rumah sampai tiba waktunya untuk istirahat dari pekerjaan.

Ingatkan diri sendiri bahwa hari pertama masuk kerja bukanlah waktu libur. Jadi, kita harus tetap fokus pada pekerjaan tersebut walau terasa tidak menyenangkan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga