Simak, Ini Fitur-Fitur Terbaru WhatsApp yang Perlu Kamu Ketahui

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 25 Oktober 2022
0 dilihat
Simak, Ini Fitur-Fitur Terbaru WhatsApp yang Perlu Kamu Ketahui
Meski berkali-kali alami penyesuaian dan tidak langsung muncul di aplikasi, WhatsApp tampaknya terus mempersiapkan kehadiran fitur-fitur yang lebih menarik. Foto: Repro Sindonews.com

" Saat ini WhatsApp sedang gencar-gencarnya melakukan pembaruan dengan fitur-fitur yang lebih menarik dari sebelumnya. Mulai dari WhatsApp Status yang bisa dilihat dari daftar obrolan pengguna, hingga fitur edit pesan "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini WhatsApp sedang gencar-gencarnya melakukan pembaruan dengan fitur-fitur yang lebih menarik dari sebelumnya. Mulai dari WhatsApp Status yang bisa dilihat dari daftar obrolan pengguna, hingga fitur edit pesan.

Mengutip dari Kompas.com, kali ini WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba fitur polling untuk ruang obrolan pribadi (personal chat/PC). Sebelumnya fitur ini tengah diuji untuk obrolan grup.

Kabar fitur polling yang akan hadir di percakapan pribadi ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Menurut WABetaInfo, fitur polling untuk personal chat sedang diuji coba menguji coba kepada sejumlah pengguna lewat pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.22.23.12.

Baca Juga: WhatsApp Mati Total di Berbagai Negara, Pengguna Mengeluh

Dalam tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, seperti gambar di atas, fitur polling di PC memiliki tampilan yang sama persis dengen fitur polling yang ditujukan untuk grup.

Belum jelas, dimana opsi polling bakal diletakkan di dalam grup. Namun, berdasarkan gambar yang dibagikan WABetaInfo, fitur polling bakal memiliki nama "Create Poll".

Di jendela "Create Poll" itu, pengguna bisa memasukkan pertanyaan, lengkap dengan opsi jawaban. Menurut WABetaInfo, pengguna bisa menampilkan hingga 12 opsi jawaban dalam satu jajak pendapat.

Disamping itu, berikut kami telah merangkum dari berbagai sumber terkait beberapa fitur WhatsApp terbaru yang perlu kamu ketahui.

1. 1.024 Anggota di Grup Whatsapp

Kapasitas anggota grup WhatsApp telah semakin berkembang dari waktu ke waktu. Batasnya adalah 256 orang pada tahun 2017, dinaikkan menjadi 512 pada bulan Mei tahun ini, dan sekarang akan diperbanyak sekali lagi menjadi 1.024 anggota.

WhatsApp sekarang berupaya menawarkan pengalaman yang mirip dengan yang ditawarkan oleh grup Discord atau Telegram. Telegram mengizinkan 200 ribu orang per grup dan Discord memungkinkan 500 ribu pengguna per server.

2. Mengedit Pesan

WhatsApp secara bertahap menyelesaikan bagian yang diperlukan dari fitur memodifikasi atau mengedit pesan ini. Namun, pengguna WhatsApp, hanya akan memiliki waktu lima belas menit untuk mengubah pesan, lebih dari waktu ini, tidak dapat lagi melakukan modifikasi. 

Kemungkinan, dalam beberapa hari ke depan fitur ini akan diperkenalkan secara resmi, tetapi belum dipastikan waktunya.

3. Bisukan Orang di Group Call

Perubahan yang dilakukan WhatsApp adalah menambahkan fitur bisukan orang di panggilan grup. Dengan fitur ini pengguna bisa membisukan peserta lain ketika melakukan meeting online melalui WhatsApp.

Fitur ini tentu diperlukan sebab sering ditemukan adanya peserta yang lupa mematikan mikrofon dan menganggu berjalannya meeting.

Jika dalam aplikasi meeting seperti Zoom membisukan orang harus dilakukan oleh host atau admin, WhatsApp dapat membisukan seseorang yang mengganggu selama panggilan video grup secara pribadi.

4. Peserta Group Call

Masih seputar Group Call. Kini WhatsApp telah meningkatkan jumlah panggilan grup atau group call menjadi sebanyak 32 peserta.

Fitur ini tentu sangat mendukung bagi pengguna yang ingin melakukan meeting online via WhatsApp.

5. Ganti Background

Perubahan selanjutnya adalah WhatsApp juga dikabarkan akan menambahkan efek mengganti latar belakang atau background selama panggilan video berlangsung.

Fitur ini memungkinkan peserta mengganti background saat meeting online sebagaimana aplikasi lainnya.

Baca Juga: Bersiap Ganti Baru, Berikut HP iPhone yang Tak Bisa Pakai Whatsapp Mulai Besok

6. Transfer dari Android ke iPhone

Terakhir, kabar baik untuk yang selalu bergonta-ganti perangkat ponsel yang digunakan. Saat ini, pengguna dapat mentransfer riwayat obrolan (chat) dari Android ke iPhone.

7. Cek pesan suara

Menjelang akhir tahun WhatsApp juga akan menambahkan peningkatan pada fitur mengirim pesan suara (voice note). Dengan fitur baru ini pengguna dapat melakukan pratinjau pesan suara sebelum dikirimkan.

Pengguna juga bisa melakukan pengiriman pesan dengan orang yang berbeda saat pesan suara didengarkan dan terakhir ada fitur untuk melakukan pause dan resume saat pesan suara dimulai. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga