Simak Link dan Cara Cek Jadwal Imsakiyah Ramadan 2024 Versi Kemenag

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 10 Maret 2024
0 dilihat
Simak Link dan Cara Cek Jadwal Imsakiyah Ramadan 2024 Versi Kemenag
Jadwal imsakiyah Ramadan 2024 sudah dapat dilihat pada link dari Kemenag RI. Foto: Repro Freepik.com

" Dengan jadwal imsakiyah, seseorang dapat mengetahui waktu sahur dan waktu berbuka, serta kapan waktu untuk menunaikan salat Subuh dan shalat Isya diiringi tarawih berjemaah "

KENDARI, TELISIK.ID - Ibadah puasa Ramadan dilaksanakan selama satu bulan penuh, dimulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari setiap harinya. Untuk memastikan puasa Ramadan 2024 berjalan lancar, penting untuk memperhatikan jadwal imsakiyah.

Jadwal imsakiyah Ramadan 2024 merupakan informasi yang sangat penting dimiliki umat Islam yang akan menjalankan puasa dan melaksanakan salat lima waktu.

Dengan jadwal imsakiyah, seseorang dapat mengetahui waktu sahur dan waktu berbuka, serta kapan waktu untuk menunaikan salat Subuh dan shalat Isya diiringi tarawih berjemaah.

Dikutip dari Tirto.id, penetapan awal puasa Ramadan 2024 mengacu pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Baca Juga: 5 Tips Jalani Puasa Ramadan Perdana bagi Mualaf

Menurut fatwa tersebut, penetapan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah menggunakan metode ru’yah dan hisab oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Agama, dan keputusan ini berlaku secara nasional.

Melalui laman resminya, dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, Kementerian Agama (Kemenag) telah membagikan jadwal imsak, sahur, dan buka puasa selama satu bulan penuh untuk Ramadan 2024. Berikut adalah cara untuk mendapatkannya:

- Buka laman Kemenag di https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah

- Scroll sedikit ke bawah, Anda akan melihat kolom jadwal imsakiyah.

- Isi kolom Provinsi, Tahun, dan Kabupaten/Kota sesuai lokasi Anda saat ini.

- Klik menu Proses Data yang ada tepat di bawah kolom.

Baca Juga: Ini Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Berpuasa Ramadan

- Setelah menunggu sejenak, Anda akan mendapatkan jadwal imsak, sahur, dan buka puasa, lengkap dengan waktu salat di hari tersebut.

- Jika ingin menyimpan jadwalnya, pilih menu Export Excel di sebelah menu Proses Data.

Nah, dengan adanya panduan ini, jadwal imsak, sahur, dan buka puasa Ramadan 2024 versi kemenag bisa Anda buka sewaktu-waktu melalui perangkat Anda. Semoga bermanfaat, yah, Telisikers. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga