Simak Panduan untuk Cek Jadwal Pengumuman UTBK 2024

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 02 Juni 2024
0 dilihat
Simak Panduan untuk Cek Jadwal Pengumuman UTBK 2024
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Foto: Repro Antaranews.com

" Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 telah berakhir. Para calon mahasiswa baru sedang menantikan pengumuman hasil tes ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 telah berakhir. Para calon mahasiswa baru sedang menantikan pengumuman hasil tes ini.

Pengumuman hasil UTBK-SNBT 2024 dijadwalkan keluar pada Kamis, 13 Juni 2024 pukul 15.00 WIB, sebagaimana dilansir dari laman BPPP Kemendikbud.

Nilai UTBK SNBT ini merupakan kunci penentu kelulusan agar dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) idaman yang sebelumnya telah dipilih di awal pendaftaran.

Pengumuman ini sangat dinantikan oleh para peserta, karena menjadi penentu apakah mereka berhasil masuk ke kampus pilihan mereka. Nantinya, nilai hasil UTBK SNBT dapat dicek melalui portal SNPMB dan laman mirror masing-masing PTN.

Baca Juga: Hasil Tangkapan Ikan Nelayan di Kendari Melimpah

Hal ini agar peserta dapat sekaligus melihat penentuan, apakah mereka lolos UTBK SNBT di kampus tujuan atau tidak. Cara cek pengumuman UTBK 2024 dapat dilakukan melalui portal resmi SNPMB BPPP Kemendikbud RI.

Melansir cnnindonesia, untuk mengecek pengumuman UTBK SNBT 2024, peserta dapat mengikuti langkah-langkah berikut, berdasarkan panduan seleksi tahun sebelumnya. Pertama, buka portal SNPMB Kemendikbud RI di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Selanjutnya, klik 'UTBK SNBT' dan pilih 'Pengumuman SNBT'. Login menggunakan nomor pendaftaran peserta dan masukkan tanggal lahir peserta.

Setelah itu, klik 'lihat hasil' untuk melihat informasi peserta, tanggal lahir, dan pengumuman lulus atau tidak. Informasi ini sangat penting karena akan menentukan langkah selanjutnya dalam proses pendaftaran di PTN pilihan. Pastikan semua data yang dimasukkan benar untuk menghindari kesalahan informasi.

Selain pengumuman hasil UTBK SNBT, ada juga jadwal penting lainnya yang perlu diperhatikan oleh para peserta. Berikut adalah rincian jadwal penting seputar UTBK SNBP yang perlu diketahui.

Registrasi Akun SNPMB Siswa berlangsung dari 08 Januari hingga 15 Februari 2024, sedangkan pendaftaran UTBK-SNBT dari 21 Maret hingga 05 April 2024.

Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 dijadwalkan pada 30 April dan 2-7 Mei 2024. Sedangkan UTBK Gelombang 2 akan dilaksanakan pada 14-20 Mei 2024.

Baca Juga: Suasana Haru Iringi Keberangkatan Jemaah Haji Sulawesi Tenggara di Bandara Halu Oleo Kendari

Pengumuman Hasil SNBT sendiri akan dilakukan pada 13 Juni 2024, dan masa unduh sertifikat UTBK berlangsung dari 17 Juni hingga 31 Juli 2024. Seluruh kegiatan ini akan dimulai atau diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN yang dituju. Pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru di laman resmi PTN tujuan agar tidak ketinggalan jadwal penting.

Itulah informasi mengenai kapan pengumuman SNBT 2024, lengkap dengan cara mengecek hasil dan unduh sertifikatnya.

Pastikan para peserta melakukan unduh sertifikat sesuai jadwal yang telah ditentukan supaya bisa segera melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri yang menjadi incaran. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga