Simak Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 24 Februari 2022
0 dilihat
Simak Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba
Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit . Foto: Repro semangatnews.com

" Di musim pancaroba, berbagai penyakit mudah menyerang manusia. Karena cuaca dingin menyebabkan daya metabolisme tubuh jadi menurun "

KENDARI, TELISIK.ID - Di musim pancaroba, berbagai penyakit mudah menyerang manusia. Karena cuaca dingin menyebabkan daya metabolisme tubuh jadi menurun.

Mengutip Suara.com - jaringan Telisik.id, pada umumnya pancaroba adalah masa di mana terjadinya transisi atau pergantian antara dua musim, seperti musim kemarau menuju musim penghujan atau musim penghujan menuju musim kemarau.

Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki iklim tropis, sedangkan iklim tropis itu sendiri memiliki tiga siklus yaitu musim kemarau, pancaroba dan musim hujan.

Saat musim pancaroba melanda, waspadalah karena ada berbagai penyakit yang rentan muncul dan menyerang. Misalnya demam, pilek, hingga nyeri otot.

Mengutip hellosehat.com, agar tubuh senantiasa terlindungi, berikut beberapa tips yang perlu Anda terapkan untuk mencegah terkena penyakit di musim pancaroba:

1. Bawalah jaket atau jas hujan

Salah satu ciri dari musim pancaroba adalah perubahan cuaca ekstrem yang dapat terjadi di hari yang sama. Bisa saja cuaca sangat cerah ketika Anda keluar rumah, tetapi tidak berapa lama terjadi hujan lebat.

Baca Juga: 7 Tips Agar Anda Bisa Melahirkan Secara Normal

Jangan lupa tetap membawa jaket atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung.

2. Penuhi kebutuhan asupan harian Anda

Jika kebutuhan gizi Anda sehari-hari terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh Anda juga dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan penyakit yang masuk.

3. Konsumsi vitamin yang cukup

Meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, tetapi salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C.

Baca Juga: Yuk Belajar, 6 Bidang Pekerjaan Ini Paling Dibutuhkan di 2022

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, sistem kekebalan tubuh Anda dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit. Vitamin ini dapat Anda temui secara alami di sayur dan buah seperti brokoli, jeruk, pepaya, dan mangga. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga