Siska - Sudirman Dorong Pembangunan Daerah Krisis Air dan Rawan Longsor di Kendari

Egit Riski, telisik indonesia
Rabu, 11 September 2024
0 dilihat
Siska - Sudirman Dorong Pembangunan Daerah Krisis Air dan Rawan Longsor di Kendari
Bakal calon Wakil Wali Kota Kendari, Sudirman, bersama warga Anggilowu saat proses pembangunan talud (kiri), dan pengamat politik Sultra, M. Najib Husain. Foto: Ist (kolase)

" Bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota – Wakil Wali Kota Kendari, Siska –Sudirman, menyoroti pembangunan infrastruktur di wilayah yang mengalami kesulitan air bersih dan rawan longsor di daerah marginal "

KENDARI, TELISIK.ID - Bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota – Wakil Wali Kota Kendari, Siska –Sudirman, menyoroti pembangunan infrastruktur di wilayah yang mengalami kesulitan air bersih dan rawan longsor di daerah marginal.

Pembangunan infrastruktur, dengan menyediakan air bersih dan memperbaiki fasilitas pencegah longsor, dianggap sebagai solusi jangka panjang dalam menjawab kebutuhan masyarakat terhadap antisipasi risiko krisis air bersih dan bencana alam.

“Pembangunan talud untuk penanggulangan tanah longsor di Kelurahan Anggilowu merupakan usulan dari masyarakat langsung. Daerah tersebut merupakan daerah yang rawan bencana dan beberapa rumah yang terdampak di bawahnya,” ujar Sudirman, Rabu (11/9/2024).

Baca Juga: Propaganda Menangkan Kotak Kosong di Pilkada Muna Barat, La Ode Darwin Tak Masalah

Pembuatan sumur bor di Kelurahan Lalodati, menurut Sudirman, juga merupakan usulan dari warga sekitar yang kekurangan air bersih.

“Setiap hari (mereka) harus terus membeli air, sekarang 21 rumah di wilayah itu dapat menggunakan sumur bor tersebut,” katanya.

Sudirman berharap program ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat serta menjadi modal penting bersama pasangannya bakal calon wali kota, Siska, untuk meraih simpati pemilih pada Pilkada 2024.

Pendekatan ini, menurut Sudirman, sebagai salah satu cara untuk menciptakan perubahan nyata yang berdampak langsung pada kesejahteraan warga, terutama di daerah yang selama ini terabaikan pembangunan infrastruktur.

Pengamat politik Sulawesi Tenggara, M. Najib Husain, menilai metode dalam penjaringan aspirasi masyarakat merupakan hal penting yang harus dilakukan agar visi dan misi bapaslon selaras dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Kampanye Dialogis di Kasilampe, La Ode Azhar Ajak Masyarakat Pilih AJP-ASLI untuk Tuntaskan Pembangunan

“Khususnya untuk Kota Kendari dengan tiga permasalahan yang memerlukan perhatian besar seperti masalah sampah, air bersih, dan banjir,” katanya.

Meski begitu, Najib mengatakan ada kekhawatiran bahwa langkah-langkah ini sekadar menjadi kampanye politik yang mungkin tidak berkelanjutan setelah pemilihan usai.

Warga pun diingatkan untuk lebih kritis dalam menyikapi berbagai janji dan program yang ditawarkan oleh para bapaslon, agar pemimpin yang terpilih benar-benar mampu menghadirkan solusi jangka panjang bagi permasalahan kota, khususnya di daerah rawan bencana. (B)

Reporter: Egit Riski

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga