Siswa MAN 1 Kendari Juara O2SN Tingkat Sulawesi Tenggara

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 05 Agustus 2023
0 dilihat
Siswa MAN 1 Kendari Juara O2SN Tingkat Sulawesi Tenggara
Muhammad Julian S, siswa MAN 1 Kendari juara cabang olahraga karate pada O2SN tingkat Sulawesi Tenggara 2023. Foto: Ist.

" Siswa MAN 1 Kendari berhasil jadi juara cabang olahraga karate kategori Kumite dan Kata pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Siswa MAN 1 Kendari berhasil jadi juara cabang olahraga karate kategori Kumite dan Kata pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sulawesi Tenggara.

Olimpiade tersebut diikuti oleh pelajar perwakilan Sekolah Menengah Atas (SMA) di 17 Kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara.

O2SN merupakan kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Hal itu untuk bertujuan untuk mengembangkan talenta siswa di bidang olahraga.

Siswa MAN 1 Kendari yang dinyatakan sebagai juara, yakni Muhammad Julian S. sebagai juara 2 kategori Kumite dan juara 4 kategori Kata. Sebelumnya, ia pernah juara tingkat Kota Kendari yang diselenggarakan pada 28 Juli lalu.

Baca Juga: Kain Tenun Khas Buton Tengah Dipamer pada BBI BBWI Sulawesi Tenggara 2023

Guru MAN 1 Kendari selaku pendamping, Busran merasa bersyukur, siswa MAN 1 Kendari bisa tampil prima hingga dapat meraih gelar juara. Ia berharap kepada siswanya, talenta yang sudah dimiliki harus terus diasah, disiplin dalam berlatih, serta tetap rendah hati dalam bersikap di manapun berada.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo mengatakan, O2SN yang merupakan ajang nasional untuk menjaring minat dan bakat siswa di bidang olahraga merupakan hal yang perlu disambut baik oleh madrasah dan guru-guru pembina olahraga di madrasah.

Sebab, madrasah bukan hanya mendorong siswa di bidang agama atau sains, melainkan juga membuka peluang sebesar-besarnya dalam hal pengembangan minat dan bakat siswa, termasuk bidang olahraga.

"Alhamdulillah, tentu ini bukanlah kebetulan, melainkan kerja keras dan latihan yang gigih, serta pendampingan serius oleh guru pendamping. Madrasah akan terus mewadahi dan mencari bibit-bibit unggul yang siap berkompetisi pada olahraga yang diminatinya,” ujarnya.

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Meambo 2023 Bangga Berwisata di Indonesia

Atlet karate MAN 1 Kendari, Muhammad Julian S mengatakan, dirinya juga sangat bangga dan bersyukur bisa juara. Olahraga karate memang ditekuninya selama di Madrasah.

"Saya berusaha semoga ke depan bisa lebih baik lagi," ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kepala madrasah, guru pendamping, pelatih, keluarga, teman-teman dan keluarga besar MAN 1 Kendari yang telah memberikan doa dan dukungan baik moral maupun materil hingga berhasil juara.

Dirinya berharap agar pemerintah terus mendukung dan mengembangkan talenta siswa di bidang olahraga, khususnya karate. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kendari

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga