Siswa SD Pelosok Konawe Selatan Diajar Pentingnya Pendidikan

Nyoman Andre Mahendra, telisik indonesia
Rabu, 26 Juli 2023
0 dilihat
Siswa SD Pelosok Konawe Selatan Diajar Pentingnya Pendidikan
Sosialisasi kepemudaan, bersama para siswa SD di pelosok Konawe Selatan dalam memberikan semangat mengenyam pendidikan Foto: Nyoman Andre Mahendra/Telisik

" Pendidikan merupakan jembatan menggapai cita-cita, ini menjadi semangat para pemuda yang tergabung dalam organisasi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Kabupaten Konawe Selatan, dalam memberikan semangat kepada generasi muda untuk mengenyam pendidikan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pendidikan merupakan jembatan menggapai cita-cita, ini menjadi semangat para pemuda yang tergabung dalam organisasi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Kabupaten Konawe Selatan, dalam memberikan semangat kepada generasi muda untuk mengenyam pendidikan.

Kegiatan yang dilakukan di salah satu pelosok kampung yang berada di Konawe Selatan, tepatnya di Desa Puuroe , Kecamatan Anggata, sekitar 90 Km dari pusat Kota Andoolo dan ditempuh dengan perjalanan sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua.

Lokasi yang jauh serta akses dari wilayah ibu kota kabupaten yang rusak menuju lokasi juga menjadi salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan itu, kegiatan juga menggandeng pemerintahan setempat.

Baca Juga: Gerbang Batas Kota Kendari-Konawe Selatan Tetap Ramai Dikunjungi Pasca Pembongkaran

Kegiatan didasari dengan salah satu  program pemuda untuk memberikan dorongan para generasi penerus agar mengenyam pendidikan sampai di tingkat perguruan tinggi.

Penanggung jawab program, Budi Muliantika menyampaikan, kegiatan itu memang terlihat biasa saja, pesertanya pum tidak terlalu banyak, tapi dengan komitmen yang dibangun diharap gerakan itu bisa memacu semangat peserta.

"Biar sedikit tapi kegiatan ini memberikan senyum kepada adik-adik kita, jarang-jarang mereka bisa didatangi oleh orang luar," ujar Budi, Rabu (26/7/2023).

Kegiatan itu menggandeng pemerintah setempat dalam hal ini Kepala Desa Puuroe , dan juga mengandeng sejumlah pemuda dari kampung tersebut yang sudah mengenyam pendidikan hingga tingkat perkuliahan.

"Ya, saya ajak beberapa kawan-kawan saya yang berada dekat dengan perkampungan ini yang sedang kuliah agar menambah motivasi," ungkap Budi.

Sosialisasi itu diapresiasi, baik oleh seluruh elemen masyarakat yang berada di desa tersebut, karena para pemuda ini sudah rela meninggalkan aktivitas mereka untuk bertemu para pemuda tersebut.

Baca Juga: Seorang Pria di Konawe Selatan Ditemukan Gantung Diri di Dapur Rumah

"Semoga kegiatan begini bisa dilakukan rutin setiap setahun sekali, saya sangat apresiasi dengan baik," ungkap Kepala Desa Teteasa, Kariade.

Kades Teteasa menargetkan, setiap tahun agar bisa bertemu langsung dengan siswa yang akan melanjutkan pendidikan, dari  tingkat SD ke SMP dan yang dari SMP ke SMA dan selanjutnya, agar semangat mereka bisa selalu termotivasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi tingkat SD dan SMP berjumlah 40 orang, kegiatan berlangsung seru dan riang, walau lokasi kegiatan yang seadanya dengan segala keterbatasan yang dimiliki. (B)

Penulis: Nyoman Andre Mahendra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga