Siswa SMKN 4 Kendari PKL di 98 Instansi dan Industri

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 14 Juli 2022
0 dilihat
Siswa SMKN 4 Kendari PKL di 98 Instansi dan Industri
Siswa-siswi SMKN 4 Kendari yang akan melaksanakan PKL di 98 lokasi yang tersebar Instansi pemerintah dan Industri. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Sebanyak 426 siswa-siswi kelas XII SMKN 4 Kendari melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), di industri atau instansi yang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 426 siswa-siswi kelas XII SMKN 4 Kendari melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), di industri atau instansi yang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. PKL mulai dilaksanakan pada 14 Juli hingga 13 Oktober 2022.

Berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini, SMKN 4 Kendari mengirim siswa-siswinya untuk melaksanakan PKL di 98 industri atau dunia kerja serta instansi pemerintah, jumlah tersebut bertambah signifikan dari tahun sebelumnya.

Kepala SMKN 4 Kendari, Herman mengatakan, untuk tahun ini siswa PKL akan disebar ke seluruh industri atau instansi pemerintah, yang sudah menjalin kerja sama dengan pihak sekolah. Untuk melatih para siswa-siswi, dalam meningkatkan skli dan kompetensi mereka.

"Jadi kita sebar di seluruh tempat kerja yang sudah MoU dengan kami, agar para siswa-siswi itu mendapatkan perhatian lebih, karena sudah ada hubungan yang telah dijalin. Tentunya PKL ini menjadi sebuah hal wajib yang harus dilakukan oleh SMK, sebagai salah satu syarat pendidikan," ungkapnya Kamis (14/7/2022).

Baca Juga: UHO Kendari Evaluasi Kurikulum dan Ukur Ketercapaian CPL

Sementara itu, Ketua Jurusan TKJ, Yogi mengatakan bahwa PKL menjadi sebuah momen bagi para siswa-siswi, mempraktekan apa yang telah mereka dapat di sekolah ke dunai kerja sesungguhnya.

Tentunya dengan segala kemampuan dan skill yang telah didapat selama dua tahun lebih di sekolah. Itu bisa langsung diimplementasikan ke tempat PKL para siswa-siswi. Sekaligus menjadi sebuah kesempatan baik bagi mereka untuk bisa mempelajari kinerja dan sistem seperti apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja.

Baca Juga: Perdana, Prodi Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan FISIP UHO Tergabung di Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintah

"Karenakan selama ini mereka hanya mendapatkan teori dan praktek di sekolah. Jadi di momen PKL ini, mereka bisa belajar dan mengembangkan kompetensi, apa-apa saja yang diperlukan di dunai kerja. Untuk itu saya berpesan, mereka harus betul-betul bisa belajar dan lebih mengembangkan kompetensi mereka, karena PKL ini hanya dilakukan satu kali saja," jelasnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga