SKB Psikotes bagi CASN Ditiadakan

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 03 Juni 2020
0 dilihat
SKB Psikotes bagi CASN Ditiadakan
Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" Walaupun dimungkinkan psikotes, tapi kita tidak akan lakukan. "

MUNA, TELISIK.ID - Wacana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menambah tes psikotes pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Apratur Sipil Negara (CASN) terus bergulir.

Kendati telah mendapat persetujuan dari KemenPAN-RB, namun Bupati Muna, LM Rusman Emba tidak serta merta mengikutinya.

Rusman bilang, pelaksanaan seleksi lanjutan CASN berdasarkan kearifan lokal yang ada di daerah. Sehingga, Ia memutuskan untuk meniadakan tambahan psikotes itu.

"Walaupun dimungkinkan psikotes, tapi kita tidak akan lakukan," kata Rusman.

Menurutnya, psikotes sama sekali tidak akan mempengaruhi kelulusan para peserta. Bila memungkinkan, bisa saja dilakukan pasca penentuan kelulusan dalam rangka pemetaan kualifikasi calon ASN sebelum ditempatkan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca juga: Ini Calon Kepala Daerah yang Diusung Demokrat di Konkep dan Butur

"Psikotes ini penting sebenarnya. Lelang jabatan saja ada psikotes. Nanti kita lakukan setelah pengumuman kelulusan. Saya kembali tegaskan tidak akan mempengaruhi kelulusan, kita hanya mengikuti mekanisme sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.

Ia berharap agar pihak-pihak lain tidak terlalu mendramatisir persoalan seleksi CASN. Pemkab tentunya akan mengedepankan transparansi seperti pelaksanaan seleksi tahun-tahun sebelumnya.

"Kita sudah buktikan pada pelaksanaan seleksi tahun sebelumnya. Tiada ada satu pun calon peserta yang dirugikan. Boleh tanya. Jadi jangan ragukan," tegasnya seraya mengajak kalangan DPRD untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan seleksi.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga