SKO Bahteramas Buka Cabor Tinju untuk Siswa Baru

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
SKO Bahteramas Buka Cabor Tinju untuk Siswa Baru
Proses pendaftaran siswa baru di SMAN Keberbakatan Olahraga Bahteramas. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Guna membangun minat dan bakat putra putri Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara, yang memiliki potensi tinggi di bidang olahraga, Pemprov Sulawesi Tenggara telah menyediakan SMAN Keberbakatan Olahraga (SKO) Bahteramas dan SKO terus melakukan inovasi dengan menambah cabang olahraga baru dan meningkatkan pelayanan sekolah "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna membangun minat dan bakat putra putri Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara, yang memiliki potensi tinggi di bidang olahraga, Pemprov Sulawesi Tenggara telah menyediakan SMAN Keberbakatan Olahraga (SKO) Bahteramas dan SKO terus melakukan inovasi dengan menambah cabang olahraga baru dan meningkatkan pelayanan sekolah.

Adanya SKO ini untuk mencetak prestasi para pemuda di bidang olahraga, baik di regional, nasional, sampai internasional. Sekolah ini dapat menjadi tempat mendidik putra-putri terbaik daerah. Fasilitas yang disediakan SKO diberikan oleh pemerintah provinsi, terdiri dari biaya operasional sekolah, biaya personal, uang saku sebesar Rp 300.000 per bulan, biaya asrama, dan biaya hidup. Adapun cabang olahraga SKO adalah dayung, sepak takraw, pencak silat, karate dan atletik.

Tahun-tahun sebelumnya, SKO meenerima siswa dengan kuota masing-masing cabang olahraga adalah dayung (16 orang), pencak silat (14 orang), sepak takraw (14), atletik (14 orang) dan karate (12 orang). Sedangkan tahun ini akan ada inovasi baru dengan tidak membatasi para siswa yang ingin sekolah di SKO namun tetap ada kuota untuk setiap cabang olahraga.

Baca Juga: Peresmian Penggunanaan CT Scan dan Halal Bihalal Akreditasi Paripurna RSU Bahteramas Kendari

Kepala SKO, Sujarwin mengatakan, tahun ini pihaknya menerima semua siswa selayaknya sekolah umum pada biasanya. Siswa yang sudah diterima akan diseleksi jika layak masuk cabor, maka akan diterima untuk mengikuti pelatihan di cabor tersebut. Tetapi jika tidak layak maka akan tetap diterima untuk kemudian mengikuti pembelajaran, seperti di sekolah umum tetapi tidak diikut sertakan dalam proses pelatihan.

“SKO dengan SMA lain itu berbeda, jadi untuk pendaftaran siswa baru kita lebih duluan karena setelah pendaftaran akan ada yang namanya proses seleksi fisik dan prestasi setiap cabor. Semua cabor akan diseleksi oleh pelatih, apakah mereka ini memenuhi syarat untuk masuk ke cabor yang diinginkan,” jelas Sujarwin pada Rabu (31/5/2023).

Sujarwin juga menjelaskan, pendafataran siswa baru SKO telah dimulai pada 29 April hingga 5 Mei 2023 dan tinju menjadi cabang olahraga baru yang akan dibuka SKO pada tahun ini, karena tinju menjadi cabor yang juga selalu diikuti di kejuaraan nasional dan internasional. SKO juga sudah mempersiapkan pelatih dan segala fasilitas yang dibutuhkan untuk cabang olahraga ini.

Baca Juga: Para Kepala Desa di Konawe Geruduk Kantor Bank Bahteramas Tuntut Bagi Hasil

Seorang Alumni pencak silat SKO, Ahmad Aliudin mengatakan, SKO jadi sekolah yang wajib dipilih oleh para siswa yang memiliki bakat di bidang olahraga, karena bisa melatih bakat yang dimiliki serta bisa memiliki kesempatan untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan nasional maupun internasional.

“Sebenarnya Sulawesi Tenggara memiliki banyak siswa yang berpotensi di bidang olahraga, dan bisa menjadi atlet jika terus berlatih, tentunya dilatih oleh orang-orang professional seperti di SKO ini,” ujarnya.

Sementara itu siswa baru, Muhammad Fiqram mengatakan, dirinya memilih SKO karena melihat banyak siswa dan alumni dari SKO yang bisa mengikuti kejuaraan-kejuaraan nasional. Dirinya juga punya hobi olahraga.

“Saya suka olahraga apalagi bola dan pencak silat, sejak kecil saya sudah diajarkan bela diri pencak silat oleh kakek saya, sehingga saya ingin terus mengasah kemampuan di SKO ini," ujarnya. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga