Sesuai Program Dikbud Sulawesi Tenggara, SMAN 2 Kendari Maksimalkan Kurikulum Merdeka Belajar

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 30 November 2023
0 dilihat
Sesuai Program Dikbud Sulawesi Tenggara, SMAN 2 Kendari Maksimalkan Kurikulum Merdeka Belajar
Suasana proses belajar mengajar di SMAN 2 Kendari yang terus mengoptimalkan kurikulum merdeka belajar. Foto: Ist.

" Penerapan kurikulum merdeka belajar di seluruh SMA di Sulawesi Tenggara, terus dikembangkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Penerapan kurikulum merdeka belajar di seluruh SMA di Sulawesi Tenggara, terus dikembangkan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pelajar yang berkarakter, berakhlak, inovatif dan kreatif.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang diterapkan pada jenjang pendidikan SMA, dengan kegiatan belajar mengajar yang lebih fleksibel, mulai dari segi alokasi waktu hingga materi pelajaran, tapi tetap berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara menunjukkan komitmen dan peran aktifnya dalam memastikan keberhasilan implementasi kurikulum yang mengedepankan konsep pembelajaran yang lebih fleksibel dan adaptif sesuai dengan perkembangan zaman.

Dengan dukungan penuh dari pihak Dikbud Sulawesi Tenggara, diharapkan penerapan kurikulum merdeka belajar dapat memberikan dampak positif dalam mencetak generasi yang lebih kreatif, inovatif, dan siap menghadapi tantangan global di era yang terus berkembang.

Suasana proses belajar mengajar di SMAN 1 Kendari dengan menerapkan kurikulum merdeka belajar. Foto: Ist.

 

"Penerapan kurikulum ini merupakan langkah yang sangat positif dalam memberikan keleluasaan kepada penyelenggara pendidikan untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih berkualitas," ujar Yusmin.

Baca Juga: Puluhan Ribu Siswa SMA Sederajat Sulawesi Tenggara Salat Gaib dan Doa Bersama untuk Palestina

Sementara itu, SMAN 2 Kendari terus berupaya untuk memaksimalkan penerapan kurikulum merdeka belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, Yusmin. Foto: Ist.

 

Kepala SMAN 2 Kendari, Nur Aida mengatakan, kurikulum merdeka saat ini dapat membentuk karakter siswa. Dalam karakter profil Pancasila ada lima poin, yaitu bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berkebhinekaan global, kreatif, mandiri dan bernalar kritis.

"Kurikulum merdeka ada tiga tahapan, yakni mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi. Tahun ini baru kita terapkan kurikulum merdeka. Sehingga kita baru pada mandiri berubah," terangnya.

Baca Juga: Dikbud dan Kemenag Sulawesi Tenggara Kerja Sama Penguatan Moderasi Beragama di Sekolah

Nur Aida menjelaskan bahwa penerapan kurikulum merdeka baru dilaksanakan oleh siswa kelas X. Tetapi untuk siswa kelas XI dan XII itu masih menyesuaikan program-program implementasi.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya melakukan pemetaan pembelajaran siswa, sesuai dengan gaya belajar siswa. Jadi disesuaikan dengan bagaimana cara belajar siswa yang menurut mereka nyaman. Sehingga ketika guru menyampaikan materi itu, siswa dengan cepat menangkap apa yang dijelaskan oleh guru.

Ia menambahkan, bahwa SMAN 2 Kendari akan terus meningkatkan penerimaan kurikulum merdeka. Sehingga dapat mewujudkan siswa siswi yang berkarakter, inovatif dan kreatif. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga