SMK se-Kota Kendari Dicanang Punya Kemampuan Wirausaha

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 05 Juni 2023
0 dilihat
SMK se-Kota Kendari Dicanang Punya Kemampuan Wirausaha
Penandatanganan kerjasama SMK se-Kota Kendari dengan Forum UMKM-IKM Sulawesi Tenggara. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Siswa SMK dikonsep sebagai pelajar yang fokus mempelajari kemampuan-kemampuan praktis yang bisa diterapkan lansung di dunia kerja. Bukan hanya sebagai karyawan, siswa SMK se-Kota Kendari juga dicanang sebagai calon wirausahawan "

KENDARI, TELISIK.ID - Siswa SMK dikonsep sebagai pelajar yang fokus mempelajari kemampuan-kemampuan praktis yang bisa diterapkan lansung di dunia kerja. Bukan hanya sebagai karyawan, siswa SMK se-Kota Kendari juga dicanang sebagai calon wirausahawan.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan kerjasama SMK se-Kota Kendari bersama Forum Usaha Mikro Kecil Menengah-Industri Kecil dan Menengah (UMKM-IKM) Sulawesi Tenggara di SMKN 2 Kota Kendari, Senin (5/6/2023).

Ketua Forum UKM-IKM Prov Sultra Dr. H. Abdul Hakim, SE, MS menjelaskan, sejumlah poin yang disepakati pihaknya bersama seluruh SMK di Kendari, antara lain:

Baca Juga: Siswa SMK di Sulawesi Tenggara Bakal Diwadahi jadi Wirausaha

1. Peningkatan aksesibilitas

SMK dan Forum UKM IKM Sulawesi Tenggara akan bekerja sama untuk memberikan akses lebih mudah bagi siswa SMK untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, seminar, atau lokakarya, kuliah tamu, pemagangan terkait UMKM.

2. Kurikulum yang relevan

SMK dan Forum UKM IKM akan berkolaborasi dalam merancang dan mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri UMKM. Ini akan memastikan siswa SMK memperoleh keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja UMKM.

3. Pelatihan dan magang

SMK akan berkoordinasi dengan Forum UKM IKM untuk menyediakan peluang pelatihan dan magang bagi siswa. Hal itu akan memberikan siswa kesempatan nyata untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari di sekolah dalam konteks bisnis UMKM.

4. Pembinaan dan mentoring

Forum UKM IKM akan memberikan dukungan dalam bentuk pembinaan dan mentoring kepada siswa SMK yang berminat untuk memulai usaha sendiri setelah lulus. Itu akan membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan manajemen bisnis dan memperluas jaringan profesional mereka.

Baca Juga: Tingkatkan Kreatifitas Mahasiswa Lewat Kewirausahaan

Ketua MKKS SMK Kota Kendari sekaligus Kepala SMK Negeri 1 Kota Kendari, Drs. Ali Koua mengatakan, secara luas program kerjasama tersebut merujuk kepada implementasi program merdeka belajar yang saat ini digaungkan pemerintah lingkup pendidikan.

Tindak lanjut dari kerjasama tersebut, nantinya setiap SMK di Kota Kendari akan merancang program kerja dan keterampilan yang menjadi prioritas mereka yang akan dikembangkan dan didampingi implementasinya bersama Forum UMKM-IKM.

“Kita harapkan ke depan dengan ilmu praktis nanti bisa paling tidak menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan anak-anak. Jika mereka tidak mampu melanjutkan pendidikan atau bekerja di sektor formal, alternatifnya adalah wirausaha,” kata Ali. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga