SMKN 1 Biru Biru Deli Serdang Kembangkan 4 Jurusan dan Raih Prestasi

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Minggu, 30 Juli 2023
0 dilihat
SMKN 1 Biru Biru Deli Serdang Kembangkan 4 Jurusan dan Raih Prestasi
Siswi Kelas XI Jurusan Tata Kecantikan Rambut dan Kulit di SMKN 1 Biru-Biru sedang praktik creambath rambut. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Biru-Biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara fokus kembangkan 4 jurusan atau keahlian bagi anak didiknya "

MEDAN, TELISIK.ID - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Biru-Biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara fokus kembangkan 4 jurusan atau keahlian bagi anak didiknya.

Adapun 4 jurusan itu diantaranya Teknis Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR) atau mobil, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Tata Kecantikan Rambut dan Kulit (TKRK).

Dalam lingkungan sekolah itu, disediakan juga ruangan lengkap dengan alat praktik. Bahkan, pihak manajemen sekolah fokus mengembangkan 4 jurusan itu. Tujuannya, agar anak didik yang lulus dari sekolah itu bisa langsung siap untuk di dunia usaha dan dunia industri (dudi).

Selain itu, pihak sekolah di bawah kepemimpinan Romauli Boru Simbolon ini bekerjasama dengan pihak Daihatsu atau perusahaan bergerak di bidang industri mobil. Jadi, lulusan SMKN 1 Biru-Biru bisa langsung praktik dan bekerja di perusahaan swasta itu.

Baca Juga: Pangkalan Gas Digerebek Polisi Bertulis Pusat Koperasi Kodam, Kapendam Beri Penjelasan

Selanjutnya, manajemen juga sedang mengembangkan jurusan

Tata Kecantikan Rambut dan Kulit (TKRK). Mereka membuka salon kecantikan di luar dari Kecamatan Biru Biru.

Setiap pelajar yang mengenyam pendidikan di sekolah itu selalu mengisi kegiatan dengan praktik. Generasi penerus bangsa itu dengan semangat, rajin dan terampil mengerjakan praktik itu.

Delayani, pelajar kelas XI Jurusan TKRK atau Tata Kecantikan Rambut dan Kulit mengaku, selalu melakukan kegiatan praktik creambath rambut di sekolah itu.

"Tujuannya supaya kami semakin mahir setelah selesai atau lulus dari sekolah ini," ucapnya, Sabtu (29/7/2023) siang.

Warga Desa Rumah Gerat, Desa Biru-Biru, Kecamatan Biru-Biru ini mengaku, creambath rambut wajib dilakukan untuk kaum wanita.

"Creambath itu sebaiknya dilakukan dua Minggu sekali. Agar rambut tetap wangi, lembut dan kuat," terangnya.

Terpisah, Kepala SMKN 1 Biru-Biru, Romauli Boru Simbolon mengaku, banyak membuat program untuk pelajar yang sedang mengemban pendidikan itu.

"Kurang lebih satu tahun saya menjabat sebagai kepala sekolah. Tapi sudah banyak perubahan dan kemajuan di sekolah ini saya buat," ucapnya.

Kemudian, di sekolah itu tidak pernah ada kegiatan paskibra. Namun setelah Romauli menjabat, sudah ada dan aktif kegiatan itu. Tepatnya Juli 2022. Bahkan sudah mulai juara di tingkat provinsi.

Setelah itu, mereka juga selalu ikut lomba kegiatan siswa (LKS) kecantikan dan pernah juara 3 pada Juni 2023, lalu.

"Dulunya, belum pernah dapat juara dalam kegiatan LKS. Juaranya pun untuk di tingkat provinsi dan sampai nasional," tambahnya.

Kemudian, kepala sekolah ini membuka unit produktif yaitu salon kecantikan yang berada di Pasar Delitua, Kabupaten Deli Serdang.

"Jadi, salon itu dikelola oleh ketua jurusan. Tujuan salon itu adalah untuk peserta didik jurusan TKRK. Selain itu, salon itu juga untuk memperkenalkan identitas sekolah. Dengan adanya salon itu, juga dapat mempengaruhi minat siswa yang akan mendaftar. Tahun ini jumlah siswa yang mendaftar meningkat," terangnya.

Selain urusan keilmuan, sekolah ini juga turut mengembangkan kepribadian dan mental. Untuk menghindari perbuatan yang menyalahi selama di dunia sekolah, misalnya menjadi anggota geng motor dan terhindar dari penyalahgunaan narkotika.

Baca Juga: Ibu Ini Ngaku Polisi Tak Respon Kasus Pelecehan Seksual, Kabid Humas Polda Sumatera Utara Angkat Bicara

Guru Bimbingan Penyuluhan dan Bimbingan Konseling (BPBK), Friska Boru Peranginangin mengaku, setiap siswa diajak untuk menghindari perbuatan yang tidak baik.

"Kami selalu mengajak siswa untuk berdoa bersama dan bergotong royong untuk saling membantu sesama siswa di lingkungan sekolah dan masyarakat di luar lingkungan sekolah," ungkapnya.

Sampai saat ini, seluruh siswa yang ada disekolah itu tidak ada yang terlibat dengan geng motor atau begal dan penyalahgunaan narkoba.

"Kami selalu mengimbau kepada seluruh siswa. Untuk selalu berbuat yang terbaik sebagai generasi bangsa. Sekolah ini berdiri sejak tahun 2012 atau sudah 11 tahun," terangnya. (A)

Penulis: Reza Fahlafy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga