SMPN 1 Napano Kusambi Kerap Dilanda Banjir, Ruang Kelas Terendam

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 20 Maret 2024
0 dilihat
SMPN 1 Napano Kusambi Kerap Dilanda Banjir, Ruang Kelas Terendam
Kondisi SMPN 1 Napano Kusambi saat terendam banjir pada Rabu (13/3/2024) lalu. Foto: Ist.

" Setiap memasuki musim hujan berkepanjangan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Napano Kusambi, Muna Barat, selalu dilanda banjir "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Setiap memasuki musim hujan berkepanjangan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Napano Kusambi, Muna Barat, selalu dilanda banjir.

Kepala SMPN 1 Napano Kusambi, La Ode Suhaeni mengatakan, keadaan makin parah karena seminggu terakhir ini hujan, hingga air merembes ke dalam ruang belajar.

Suhaeni mengatakan, akibat banjir tersebut, ada tiga ruang kelas yang terendam banjir. Puncak yang paling parah pada Rabu (13/3/2024) lalu.

"Biasanya kalau tidak hujan berkepanjangan, air hanya sebatas lutut orang dewasa," ujarnya.

Baca Juga: Warga Mengeluh Belasan Tahun Jadi Langganan Banjir

Banjir di sekolah tersebut berasal dari rawa yang berada di samping sekolah, sehingga jika hujan curang tinggi atau rendah air tetap akan mengalir ke halaman sekolah, apalagi kondisi sekolah berada di dataran rendah.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan bahwa ia bersama Kepala BPBD telah turun meninjau langsung ke SMPN 1 Napano Kusambi.

Baca Juga: Diluluhlantakkan Banjir, SMPN 2 Kendari Penuh Lumpur dan Fasilitas Hancur

Saat kunjungan, kondisi air telah surut di pelataran sekolah. Namun ia mengarahkan kepada BPBD untuk membuat saluran pembuangan air menuju ke laut, agar nantinya ketika hujan, air tidak tertampung di halaman sekolah.

"Nanti akan dibuat saluran pembuangan air sepanjang 500 meter untuk mencegah banjir di sekolah tersebut," ujarnya, Rabu (20/3/2024).

Kepala SMPN 1 Napano Kusambi mengapresiasi langkah Pemda dalam mengatasi persoalan banjir yang selalu menjadi keluhan tiap tahun ketika musim hujan melanda. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga