SMRC Kantongi Identitas Terduga Pemalsu Hasil Survei

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 27 Juli 2020
0 dilihat
SMRC Kantongi Identitas Terduga Pemalsu Hasil Survei
Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirajuddin Abbas. Foto: Ist.

" Kami tidak pernah melakukan survei di bulan Juni. Hasil yang beredar itu palsu. "

MUNA, TELISIK.ID - Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirajuddin Abbas, murka dengan beredarnya hasil survei bakal calon (Balon) Bupati Muna yang diduga palsu.  

Kata Sirajuddin, hasil survei yang beredar itu palsu. Pasalnya, medio 15-30 Juni, SMRC tak pernah melakukan survei peluang para balon bupati di Muna.

"Kami tidak pernah melakukan survei di bulan Juni. Hasil yang beredar itu palsu," tegas Sirajuddin dihubungi via pesan WhatsApp, Senin (27/7/2020).

SMRC sendiri telah mengantongi identitas terduga pemalsu dokumen hasil survei itu. Hanya saja, ia belum menyebut siapa oknumnya.

Baca juga: Calon Perseorangan Halim-Untung Serahkan 3.123 KTP ke KPU Konkep

"Terduga ada, hanya kita belum bisa buka sekarang," timpalnya.

Atas adanya hasil survei diduga abal-abal yang dijadikan alat salah satu Balon untuk mendapatkan rekomendasi DPP partai, Sirajuddin mengaku lembaganya telah dirugikan dari sisi profesionalitas, nama baik dan bisnis. Maka dari itu, pihaknya akan menempuh jalur hukum. Kuasa hukum mereka telah mempersiapkan bukti-buktinya.

"Bukan saja lembaga kami yang dirugikan, tapi juga partai politik dan warga Muna secara keseluruhan, karena itu sudah termaksud pembohongan publik," ungkapnya.

Sirajuddin juga berharap pada DPP partai untuk tidak memberikan rekomendasi pada balon Bupati Muna yang menggunakan hasil survei SMRC palsu. Karena, tindakan itu selain perbuatan pidana, juga merusak tatanan pesta demokrasi.

"Kami meminta pada partai politik sebelum memberikan rekomendasi dukungan, terlebih dahulu mengkonfirmasi pada lembaga-lembaga survei, agar tidak merugikan semua pihak," pintanya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga