Soal Calon Panglima TNI, Ini Komentar Puan Maharani

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 20 September 2021
0 dilihat
Soal Calon Panglima TNI, Ini Komentar Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani. Foto: GentaOnline.com

" Puan meminta publik sabar menunggu nama tersebut karena pemilihan Panglima TNI sepenuhnya adalah hak prerogatif presiden. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua DPR RI, Puan Maharani ikut berkomentar soal calon Panglima TNI baru, yang akan dikirimkan presiden kepada DPR.

Puan berharap calon Panglima TNI adalah yang terbaik untuk melindungi rakyat.

Karena itu, Puan meminta publik sabar menunggu nama tersebut karena pemilihan Panglima TNI sepenuhnya adalah hak prerogatif presiden.

“Siapapun nama calon Panglima TNI yang akan dikirim Presiden, DPR berharap dia adalah yang terbaik bagi organisasi TNI dan rakyat. Sehingga TNI sebagai alat pertahanan negara bisa melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia,” kata Puan dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (20/9/2021).

Puan menjelaskan, peran TNI adalah sangat vital dalam setiap fase perjalanan bangsa Indonesia, terlebih di saat negara ini sedang mengalami sejumlah tantangan dan kondisi yang memerlukan peran besar TNI, seperti penanganan COVID-19, pengendalian keamanan di Papua, dan juga ancaman dari militer asing.

Baca juga: Ketua DPD Ingatkan Kemenkes Soal Laporan 2 dari 5 Ibu Hamil di Indonesia Kurang Cairan

Baca juga: Terdampak Normalisasi, Warga Ciliwung Bakal Ditampung di Rusun Pasar Rumput

“Kita berharap Panglima TNI ke depan melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut,” kata cucu Bung Karno ini.

Politisi PDIP ini meyakini Surat Presiden (Surpres) terkait calon Panglima TNI akan dikirim dalam waktu dekat ke DPR.

Mengingat lembaga legislatif ini akan memasuki masa reses pada 7 Oktober 2021 mendatang. Sementara, masa jabatan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan berakhir pada 8 November 2021.

“Sesuai UU, DPR akan menyampaikan persetujuan paling lambat 20 hari setelah Supres diterima,” jelasnya.

Puan mengatakan, sikap DPR dalam persetujuan calon Panglima TNI nantinya akan didasarkan pada kepentingan organisasi TNI dan kepentingan rakyat secara luas.

“Bukan didasarkan kepentingan politik sempit, karena politik TNI adalah politik negara,” tegas mantan Menko PMK ini. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga