Soal Jalan Provinsi, Rusman Dukung Warga Tagih Janji Gubernur

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 29 Juni 2020
0 dilihat
Soal Jalan Provinsi, Rusman Dukung Warga Tagih Janji Gubernur
Bupati Muna, LM Rusman Emba mendukung langkah warga menagih janji Gubernur Sultra terkait rencana pengaspalan jalan provinsi. Foto: Sunaryo/Telisik

" Anggota DPRD dari PDIP, harus memperjuangkan itu. Jangan hanya tahu dipilih, setelah itu lupa dengan amanah dan tugas konstitusional. "

MUNA, TELISIK.ID - Kendati pihak DPRD Sultra dan Dinas Bina Marga sudah menemui masyarakat yang memblokir jalan, namun persoalan perbaikan jalan provinsi di Desa Wakumoro, Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna belum juga menemui titik terang. Warga tetap memblokir jalan, sampai dilakukan perbaikan.

Bupati Muna, LM Rusman Emba sangat mendukung langkah warga yang menuntut Gubernur Sultra, Ali Mazi merealisasikan janjinya. Aksi penutupan jalan, menurutnya sebagai bentuk luapan kekesalan warga yang sudah bertahun-tahun menanti janji. Namun, ia berharap aksi penutupan jalan itu, tidak harus mengganggu pengguna jalan, tetapi dilakukan dengan cara yang santun.

"Apa yang menjadi janji Pak Gubernur, saya pikir harus segera direalisasikan. Kasihan masyarakat sudah lama menderita," kata Rusman.

Sebagai Ketua Bappilu DPD PDIP Sultra, Rusman berpesan pada anggota DPRD Sultra dari Fraksi PDIP Daerah Pemilihan (Dapil) Muna, Muna Barat (Mubar) dan Buton Utara (Butur) agar memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi warga.

Baca juga: Polda Pantau Aksi Blokir Jalan di Muna

"Anggota DPRD dari PDIP, harus memperjuangkan itu. Jangan hanya tahu dipilih, setelah itu lupa dengan amanah dan tugas konstitusional," sindirnya.

Dalam memperjuangkan aspirasi warga, anggota DPRD sangat berperan. Seperti yang bernah dilakukannya kala menjabat Ketua DPRD Sultra bersama LM Marshudi saat itu memperjuangkan jalan provinsi Tampo-Lindo.

"Kalau itu langsung diaspal satu kali. Aspalnya pun hotmix, sehingga sampai saat ini kondisinya masih baik. Saya pikir, itu juga yang harus mereka lakukan. Jangan menunggu sampai 2021 lagi. Harus ada penekanan," ungkapnya.

Mantan senator DPD RI itu mengaku sudah berkoordinasi dengan gubernur. Hanya, belum ada titik terang. Sebagai kepala daerah, ia tidak akan tinggal diam. Sembil menunggu anggaran dari provinsi,  Ia telah memerintahkan Kadis PU Muna, Edy Uga untuk menurunkan alat berat untuk meratakan lubang di jalan poros Laimpi-Laiba, Kecamatan Kabawo.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga