adplus-dvertising

Soal Polemik Pj, Mendagri Diminta Berkunjung di Buton Selatan

Deni Djohan, telisik indonesia
Rabu, 25 Mei 2022
1796 dilihat
Soal Polemik Pj, Mendagri Diminta Berkunjung di Buton Selatan
La Rizalan minta Mendagri berkunjung ke Buton Selatan. Foto: Dheny/Telisik

" Seharusnya jangan hanya Maluku Utara (Malut) yang dikunjungi Mendagri. Jalan-jalan juga di Busel supaya melihat langsung kondisi saat ini "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Menteri Dalam Negeri (mendagri), Tito Karnavian, diminta berkunjung ke Buton Selatan (Busel).

Hal ini dikatakan La Rizalan, Dewan Penasehat Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Penyambung Lidah Rakyat (Gempur), La Rizalan, menyusul polemik yang tengah terjadi di masyarakat soal penunjukan La Ode Budiman sebagai Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan.

"Seharusnya jangan hanya Maluku Utara (Malut) yang dikunjungi Mendagri. Jalan-jalan juga di Busel supaya melihat langsung kondisi saat ini," minta Rizal, sapaan akrab La Rizalan.


Dia menilai, mendagri tidak boleh melihat sepihak persoalan ini. Sebab La Ode Budiman diketahui merupakan trah pemimpin Busel sebelumnya, La Ode Arusani.

Sedang diketahui, selama La Ode Arusani menjabat sebagai Bupati Busel, kondisi birokrasi di Busel amburadul. ASN juga sama sekali tak menunjukkan kinerja terbaik lantaran dihantui ancaman mutasi dan non job.

"Mendagri mungkin harus tahu juga bagaimana kondisi birokrasi di Busel selama dijalankan La Ode Arusani. Hanya di Busel ada pejabat eselon dua yang kurang lebih dua minggu menjabat di 5 dinas. Setiap Senin dan Jumat itu pasti ada pelantikan," ungkapnya.

Baca Juga: 30 Calon Jemaah Haji Kolut Batal Berangkat Tahun Ini

Pada kesempatan itu, dirinya menyatakan mendukung penuh langkah Gubernur Sultra, Ali Mazi untuk tidak melantik La Ode Budiman sebagai Pj Bupati Busel. Alasannya, Ali Mazi pasti mengetahui kondisi Busel saat ini. Tidak seperti pemerintah pusat hanya mendengar informasi sepihak.

"Kalau toh pelantikan itu diambil alih oleh mendagri, maka jangan salahkan kami untuk menolak La Ode Budiman di Busel ini. Silakan berkantor di Kemendagri saja. Kami masih trauma dengan pemimpin sebelumnya," tegas Rizal.

Baca Juga: Usai Gubernur Menghadap Mendagri, Pemda Mubar Berharap Pj Bupati Segera Dilantik

Aksi unjuk rasa menolak La Ode Budiman sebagai Pj Bupati Busel terus bergulir. Bahkan masyarakat menduduki dan bermalam di Kantor DPRD Busel. Sementara roda pemerintahan macet mengingat seluruh kadis dan ASN lainnya tengah berada di Kendari untuk menghadiri pelantikan.

Reporter: Deni Djohan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga