Sosialisasi Empat Pilar, MPR Apresiasi Kerukunan di Konsel

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Sabtu, 12 September 2020
0 dilihat
Sosialisasi Empat Pilar, MPR Apresiasi Kerukunan di Konsel
Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga menyerahkan cenderamata kepada Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. Foto: Ist.

" Apresiasi serta rasa syukur, daerah Konsel mampu menjalin kerukunan dan rasa persatuan tetap terjaga. Padahal, setahu saya disini (Konsel) ibaratnya Indonesia mini yang masyarakatnya berasal dari berbagai daerah. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid melakukan kunjungan di Konawe Selatan (Konsel) dalam rangka melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

Kegiatan yang digelar di Pendopo Rujab Bupati Konsel pada Jumat (11/9/2020) malam tersebut dihadiri oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, jajaran Pemda Konsel dan masyarakat setempat.

Jazilul menuturkan, ditetapkannya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, tidak bertentangan dengan agama. Begitupun dengan ajaran agama di Indonesia tidak ada yang bertentangan dengan pancasila.

Untuk itu, di daerah penting menghidupkan organ-organ empat pilar kebanggaan sebagai penopang membangun kerukunan dan menciptakan persatuan dan kesatuan.

"Pemerintah harus selalu hadir dan mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul di tengah masyarakat," kata Jazilul, Jumat (11/9/2020) malam.

Selain itu, Jazilul menyampaikan apresiasi terhadap kerukunan yang tercipta di Konsel dari keanekaragaman agama dan suku masyarakatnya.

Menurutnya, Pemda Konsel bersama masyarakat dan forum keagamaan berhasil mengkritalisasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu merupakan cerminan penerapan falsafah Pancasila dan merupakan poin dari kegiatan sosialisasi yang digelar MPR.

Baca juga: Mendagri Wajibkan Penggunaan Aspal Buton di Indonesia, Pemda Ambil Langkah

"Apresiasi serta rasa syukur, daerah Konsel mampu menjalin kerukunan dan rasa persatuan tetap terjaga. Padahal, setahu saya disini (Konsel) ibaratnya Indonesia mini yang masyarakatnya berasal dari berbagai daerah," ujarnya.

Sementara Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menyampaikan, menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat majemuk merupakan syarat mutlak bagi bangsa dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

"Tentunya, sebagai modal penting khususnya dalam membangun dan mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat di tengah tantangan yang begitu kompleks di era revolusi industri," kata Surunuddin.

Ia berharap, sosialisasi tersebut dapat bermanfaat dalam meningkatkan persatuan serta wawasan kebangsaan bagi masyarakat.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih atas ditunjuknya Konsel sebagai salah satu lokasi digelarnya sosialisasi tersebut.

"Semoga dengan kehadiran MPR dalam sosialisasi malam ini makin menambah dan memperkokoh semangat persatuan serta kesatuan bangsa dan kebersamaan kita," tandasnya.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga