Sosok Ahmad Zaky, Pendiri Bukalapak Sukses Berkarir di Usia Muda

Nur Aziza, telisik indonesia
Kamis, 29 Februari 2024
0 dilihat
Sosok Ahmad Zaky, Pendiri Bukalapak Sukses Berkarir di Usia Muda
Achmad Zaki pendiri Bukalapak, pengusaha sukses di usia muda, Foto: penanews.id

" Didirikan pada tahun 2016 silam, Bukalapak merupakan salah satu e-commerce yang terbesar di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Didirikan pada tahun 2016 silam, Bukalapak merupakan salah satu e-commerce yang terbesar di Indonesia.

Mari kita sedikit berkenal dengan founder dan CEO yang punya pengaruh besar atas kesuksesan marketplace tersebut, yaitu Ahmad Zaky.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, pendiri dan mantan CEO Bukalapak Achmad Zaky sekarang aktif berinvestasi.

Startup yang diguyur modal beragam, mulai dari perusahaan Web3 hingga klinik gigi.

Bersama dengan rekan pendiri Bukalapak yang bernama Nugroho Herucahyono (Xinuc), Zaky kini mengelola modal ventura bernama Init6. Init6 telah berinvestasi di belasan startup dalam negeri.

Baca Juga: Profil Hadi Tjahjanto Disebut Jabat Menko Polhukam Ganti Mahfud MD, Panglima TNI

Perusahaan yang telah menerima pendanaan dari Init6, antara lain, adalah perusahaan penyedia skor kredit Skorlife, startup penyedia try-out online Eduka System, hingga perusahaan web hosting IdCloudHost.

Selain itu, ada juga Achmad Zaky Foundation, organisasi non-profit yang didirikan Zaky. Yayasan ini diketahui berivenstasi di Powerbrain Automasi Energi (Powerbrain), perusahaan yang menyediakan solusi efisiensi energi memanfaatkan teknologi.

Ahmad Zaky lahir pada 24 Agustus 1986, seorang putra dari pasangan suami istri yang bernama dengan berprofesi sebagai seorang guru SMP di salah satu kampung yang ada di Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Pendiri dari Bukalapak ini bukanlah lahir dari keluarga yang kaya. Terlepas dari itu, pendidikan tetap menjadi prioritas utama bagi kedua orang tua dengan harapan sang anak bisa menjadi orang sukses kelak.

Baca Juga: Sosok Albert, Caleg DPRD Sulawesi Tenggara yang Dirikan Universitas Pertama di Pulau Muna

Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar, zaky sudah mengenal dunia teknologi. Hal itu dimulai dengan sebuah komputer yang disajikan dari salah satu pamannya pada tahun 1997. Dari situlah mulai muncul ketertarikannya terhadap pemrograman.

Dikutip dari liputam6.com, di usia yang ke 32 pencapaian Achmad Zaky bukanlah tanpa sebab. Kesuksesannya sekarang tak lain dan tak bukan adalah berkat kedua orangtuanya yang senantiasa mendukung langkahnya.

Di balik keberhasilannya, ada seorang wanita yang berkontribusi siang dan malam untuk dirinya. Dia adalah Diajeng Lestari, wanita yang menjadi tambatan hati Zaky yang mengakhiri masa lajangnya pada 17 Oktober 2010 silam.

Keduanya pun berkarier di bidang yang sama dengan memanfaatkan internet untuk berbisnis.

Tak mau kalah dari suaminya, pada tahun 2011, Diajeng mencoba peruntungan dengan mendirikan hijup.com. Dari pernikahannya itu, Laiqa Anzani datang untuk melengkapi manisnya kehidupan rumah tangga Achmad Zaky dan istri. (C)

Penulis: Nur Aziza

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga