adplus-dvertising

Sosok Andy F Noya, Wartawan Indonesia yang Pernah Wawancara Buronan Ternama

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 08 Juni 2023
0 dilihat
Sosok Andy F Noya, Wartawan Indonesia yang Pernah Wawancara Buronan Ternama
Andy F Noya, Wartawan senior yang telah beberapa kali menjadi pimpinan redaksi di media-media tenama. Foto: Parboaboa.com

" Andy Flores Noya atau Andy Noya merupakan wartawan, penulis dan pembawa acara televisi Indonesia yang juga memiliki banyak prestasi. Namanya terkenal dan masyhur sebagai presenter di acara Kick Andy "

JAKARTA, TELISIK.ID - Andy Flores Noya atau Andy Noya merupakan wartawan, penulis dan pembawa acara televisi Indonesia yang juga memiliki banyak prestasi. Namanya terkenal dan masyhur sebagai presenter di acara Kick Andy.

Dikutip dari INews.id, pria yang bernama lengkap Andy Flores Noya ini lahir di Surabaya 6 November 1960 ini telah beberapa kali menjadi pimpinan di berbagai media ternama Indonesia.

Menurutnya, menjadi jurnalis adalah meneruskan kecintaaannya pada dunia menulis sejak kecil. Setelah tamat sekolah menengah, ia memilih masuk Sekolah Tinggi Publisitik (STP) Jakarta yang kini bernama Institut Ilmu Sosial dan Politik (IISIP), Lenteng Agiung, Jakarta. Dari kampus inilah ia mengenyam pendidikan jurnalistik.

Baca Juga: Bos Jalan Tol Tagih Utang Pemerintah Rp 800 Miliar, Sosok Pengusaha Muslim Tionghoa

Dikutip dari Viva.co.id, Ayah 3 anak tersebut mengawali kariernya sebagai reporter pada 1985 untuk membantu Majalah Tempo dalam penerbitan buku Apa dan Siapa Orang Indonesia. Pada tahun yang sama, Andy diajak bergabung bersama oleh Lukman Setiawan pada saat harian ekonomi Bisnis Indonesia hendak terbit.

Dua tahun bergabung di Bisnis Indonesia, Andy diajak oleh Fikri Jufri wartawan senior Tempo untuk memperkuat majalah Matra yang baru diterbitkan Tempo. Ternyata Matra bukanlah pelabuhan terakhirnya, ia ditawari Surya Paloh pemilik surat kabar Prioritas untuk bergabung dengan koran Media Indonesia pada tahun 1992.

Setelah bergabung dengan Media Indonesia, pada tahun 1999, Andy bersama wartawan senior Djafar Assegaf, diutus untuk membantu RCTI yang sedang menghadapi masalah. Di sana terjadi gejolak di kalangan wartawan program berita Seputar Indonesia terkait status perusahaannya.

Satu tahun berikutnya, karier Andy dalam dunia jurnalistik terus naik. Ia dipanggil kembali oleh Surya Paloh untuk memimpin Metro TV sebagai pemimpin redaksi, pada tahun tersebut Metro TV mendapatkan izin untuk siaran. Tiga tahun kemudian Andy ditarik kembali ke Media Indonesia. Di tahun 2006, Andy diminta merangkap menjadi pemimpin redaksi Metro TV menggantikan Don Bosco Selamun.

Baca Juga: Cantiknya Putri Ariani, Penyanyi Tunanetra Indonesia Gemparkan Amerika

Namanya semakin melejit setelah menjadi pembawa acara program talkshow yang mengusung namanya, Kick Andy. Dalam program acara tersebut dirinya pernah berhasil mengundang buron yang paling dicari dua negara,Timor Leste dan Australia baik hidup atau mati. Buronan tersebur ialah Mayor Alfredo.

Mayor Alfredo sendiri diduga sebagai dalang berbagai aksi kerusuhan 2006, yang tidak saja menewaskan banyak orang, tapi juga memaksa ribuan orang mengungsi dari Dili, Timor Leste.

Saat ini kedua anak dari Andy F Noya juga turut menelusuri jejak sang ayah dengan menjadi seorang presenter di acara talkshow yang tayang di Youtube. (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga