Sosok Arie Kriting, Komika Terkenal Asal Wakatobi Sulawesi Tenggara

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
Sosok Arie Kriting, Komika Terkenal Asal Wakatobi Sulawesi Tenggara
Arie Kriting, komika asal Wakatobi yang aktif menyuarakan dukungan terhadap isu-isu yang terjadi di Sulawesi Tenggara. Foto: Detik.com

" Dunia hiburan Indonesia menyajikan banyak profesi yang begitu menjajikan, mulai dari artis, sutradara, pelawak hingga komika. Salah satu komika yang terkenal adalah Arie Kriting "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dunia hiburan Indonesia menyajikan banyak profesi yang begitu menjajikan, mulai dari artis, sutradara, pelawak hingga komika. Salah satu komika yang terkenal adalah Arie Kriting.

Dilansir dari Parboaboa.com, Satriaddin Maharinga Djongki atau yang lebih dikenal dengan nama Arie Kriting ini lahir di Kendari pada tanggal 13 April 1985. Sosok Arie Kriting mulai terkenal sejak mengikuti ajang Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ketiga pada 2013. Logat ala Indonesia Timurnya yang khas, membuatnya berhasil menembus 3 besar bersama Babe Cabita dan Fico Fachriza di ajang tersebut.

Lewat keunikannya sebagai komik, sosok Arie Kriting kemudian melebarkan sayapnya di dunia perfilman Indonesia baik sebagai aktor, sutradara, hingga penulis skenario telah ia lakoni dalam kariernya di dunia film. Yang terbaru film yang ia bintangi dengan judul "The Big 4" menjadi salah satu film Indonesia yang paling banyak ditonton di Netflix.

Baca Juga: Kupas Politisi: Sosok Advokat Merakyat Dahlan Moga

Selain itu, sebagai seseorang yang bekerja dalam industri film, Arie telah beberapa kali meraih penghargaan maupun nominasi sebagai aktor terbaik maupun penulis skenario terbaik. Adapun pengghargaan yang pernah ia raih adalah sebagai aktor pendukung terbaik di ajang Usmar Ismail Award pada tahun 2017.

Dilansir dari Kompas.com, di awal tahun 2021, Arie Kriting menikah dengan Indah Permatasari. Keduanya diketahui telah menjalin hubungan asmara sejak cukup lama hingga akhirnya memutuskan untuk naik pelaminan, 12 Januari 2021.

Hubungan keduanya pun sempat tercium kabar tak sedap. Karena Ibunda Indah Permatasari memberikan tentangan atas pernikahan keduanya. Bahkan, Arie sempat dikabarkan membawa keburukan bagi Indah. Meskipun kabar buruk pernah menerpa keduanya, namun Arie dan Indah kini berhasil menunjukkan keharmonisan rumah tangganya.

Baca Juga: Profil Jabir Ibn-Hayyan, Ilmuwan Muslim yang Ubah Takhayul Jadi Sains

Sebagai seseorang yang lahir dan dibesarkan di Sulawesi Tenggara, Arie Kriting termasuk orang yang cukup lugas menyuarakan dukungannya terhadap isu-isu yang terjadi di kampung halamannya khususnya pulau Buton dan Kabupaten Wakatobi.

Diketahui ia pernah mengecam pelaku vandalisme di situs bersejarah Benteng Keraton Buton. Ia juga aktif mempromosikan keindahan maritim kepulauan Wakatobi melalui akun Instagramnya. (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga