Sosok Gibran Rakabuming Raka, Cawapres Milenial yang Penuh Kontroversi

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Jumat, 05 Januari 2024
0 dilihat
Sosok Gibran Rakabuming Raka, Cawapres Milenial yang Penuh Kontroversi
Sosok Gibran, Cawapres Nomor Urut 02 yang Penuh Kontroversi. Foto: Repro jawapos.com

" Saat ini siapa yang tak kenal Gibran? Putra sulung Presiden RI, Joko Widodo yang kini mencalonkan diri cebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 berpasangan dengan Prabowo Subianto "

SURAKARTA, TELISIK.ID – Saat ini siapa yang tak kenal Gibran? Putra sulung Presiden RI, Joko Widodo yang kini mencalonkan diri cebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Dalam pencalonannya, Gibran menuai banyak kontroversi khusunya di isu politik dinasti. Berikut Telisik.id rangkum sosoknya.

Dikutip dari medium.com, Gibran Rakabuming Raka, lahir di Solo pada 1 Oktober 1987. Gibran mengenyam pendidikan dasarnya di kota ini dan melanjutkan ke Orchid Park Secondary School di Singapura setelah menyelesaikan SMP pada tahun 2002.

Baca Juga: Sosok Amira Yusmalia Julan, Gadis Cantik Asal Baubau Raih Juara II Bintang Radio Nasional 2023

Setelah lulus dari SMA, ia melanjutkan studi di Management Development Institute of Singapore (MDIS), dan setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di University of Technology Insearch, Sydney, Australia, hingga lulus pada tahun 2010.

Gibran telah tinggal di luar negeri selama hampir 8 tahun untuk menyelesaikan pendidikannya. Ia tumbuh mandiri tanpa kehadiran kedua orangtuanya. Ketika hidup jauh dari keluarganya, ayahnya, Joko Widodo atau Jokowi, menjadi tokoh penting di Indonesia.

Pada tahun 2005, Jokowi menjabat sebagai walikota Solo untuk periode 2005-2010. Setelah kembali ke Indonesia, ayah Gibran mengalami kenaikan jabatan, menjadi Gubernur DKI Jakarta, dan akhirnya terpilih sebagai Presiden RI ke-7 untuk periode 2014-2019.

Namun, Gibran tidak membiarkan posisi ayahnya menghalangi jalannya untuk berkarya dan bekerja dengan usahanya sendiri. Ia tidak ingin memanfaatkan kekuasaan orang tuanya dan memilih untuk memulai dari bawah.

Setelah kembali ke tanah air, Gibran mendirikan bisnis catering Chilli Pari pada Desember 2010. Keberhasilannya dalam usaha ini membawanya dipercaya sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Gibran juga mendirikan House of Knowledge untuk melatih karyawan catering Chilli Pari, terutama dalam berbahasa Inggris.

Dikutip dari viva.co.id, Gibran bersama adiknya, Kaesang Pangarep, Gibran membuka bisnis Kafe Markobar yang awalnya hanya berlokasi di Solo. Kafe ini, yang menghadirkan berbagai varian Martabak, menjadi viral di media sosial.

Beberapa waktu kemudian, Gibran mencoba peruntungan baru di bidang reparasi produk Apple dengan mendirikan Icolor. Konsepnya menarik, di mana pelanggan hanya perlu menunggu di rumah, dan teknisi reparasi akan datang ke lokasi mereka.

Baca Juga: Muh Irsyad, Arsitek Sulawesi Tenggara Kembali Raih Juara Favorit Kompetisi Nasional

Pria berjiwa wirausaha ini juga kembali berkolaborasi dengan adiknya untuk terlibat dalam bisnis e-commerce dengan menjual jas hujan bertuliskan "Tugas Negara Bos!" dengan harga 150 ribu rupiah.

Pada bulan Juni 2015, Gibran melangkah ke jenjang pernikahan dengan Selvi Ananda Putri dari Solo. Mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Jan Ethes Srinarendra pada 10 Maret 2016.

Dalam mengarungi perjalanan rumah tangganya, meski sebagai anak dari seorang presiden, Gibran Rakabuming tetap menjalani kehidupannya secara normal. Ia terus berinovasi untuk menciptakan lapangan kerja baru. (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga