Sosok Is Pusakata, Musisi Asal Makassar yang Abdikan Karya untuk Palestina

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 20 Desember 2023
0 dilihat
Sosok Is Pusakata, Musisi Asal Makassar yang Abdikan Karya untuk Palestina
Sosok Is Pusakata saat hibur masyarakat Kota Kendari di Temu Kolaborasi untuk Palestina. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Beberapa pekan lalu, musisi ternama asal Makassar, Is Pusakata hadir menghibur masyarakat Kota Kendari dalam rangka giat membantu Palestina. Is Pusakata sendiri diketahui memang aktif dalam membela Palestina dan mengabdikan dirinya untuk membantu Palestina "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa pekan lalu, musisi ternama asal Makassar, Is Pusakata hadir menghibur masyarakat Kota Kendari dalam rangka giat membantu Palestina. Is Pusakata sendiri diketahui memang aktif dalam membela Palestina dan mengabdikan dirinya untuk membantu Palestina.

Berikut Telisik.id rangkum sosoknya untuk anda.

Mohammad Istiqamah Djamad, yang dikenal dengan nama Is Pusakata, adalah mantan vokalis dari grup musik indie Payung Teduh. Ia lahir di Makassar pada 24 Januari 1984, dan meskipun sempat putus kuliah dari Politeknik Negeri Jakarta, ia berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi dengan bantuan beasiswa dari Yamaha Master Course Academy.

Is Pusakata menikah dengan Agnes Purwanti dan mereka memiliki lima anak, salah satunya bernama Bandura Nafeeza Mahajingga.

Baca Juga: Sosok Alam Ganjar, Anak Tunggal Ganjar Pranowo Idola Kaum Hawa

Sebelum terkenal dengan Payung Teduh, Is Pusakata sudah aktif di dunia musik. Namun, ketenarannya melejit setelah bergabung dengan Payung Teduh pada tahun 2007 bersama dengan Comi.

Bersama Payung Teduh, Is Pusakata menciptakan beberapa lagu hits seperti "Akad," "Berdua Saja," "Di Atas Meja," dan "Untuk Perempuan yang Sedang dalam Pelukan."

Setelah 11 tahun bersama Payung Teduh, Is Pusakata memutuskan untuk meninggalkan grup tersebut karena merasa tidak lagi memiliki visi yang sama dengan anggota lainnya. Namun, karier musiknya tidak berakhir di sana, dan ia memilih untuk melanjutkan sebagai musisi solo, terus menciptakan banyak lagu.

Prestasinya di dunia musik termasuk penghargaan AMI Award untuk Penata Musik Pop Terbaik dan Duo/Grup/Kolaborasi Soul/R&B Terbaik. Is Pusakata tetap menjadi sosok yang berpengaruh dalam industri musik Indonesia.

Dalam aksinya di Kendari pada kegiatan Temu Kolaborasi untuk Palestina, Is Pusakata hadir membawakan lagu-lagunya yang menenangkan hati pendengarnya sembari mengajak masyarakat Kendari berdonasi untuk Palestina di jeda tiap lagunya.

“Memberi merupakan kebutuhan kita bukan untuk mereka, karena memberi menyucikan jiwa kita,” ungkap penyanyi berdarah Bugis ini, lalu kembali melanjutkan lagunya.

Dalam konsernya, Is Pusakata mengakui jika dirinya telah berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa pusat untuk mendedikasikan 12 harinya dalam setahun untuk melakukan konser amal.

Baca Juga: Sosok Chef Laode, 8 Besar Master Chef Indonesia, Kini Berburu Kuliner Nusantara

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Sulawesi Tenggara, Hasmin Roy. “Mas Is memang sudah sering mengisi acara-acara amal dari Dompet Dhuafa,” jelasnya pada Telisik.id, Rabu (20/12/2023).

Ada banyak yang terhibur dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh penyanyi yang juga piawai dalam memainkan suling tersebut yang cukup menghibur para penonton saat itu, salah satunya Arham yang merupakan penggemarnya sejak masih berada di Payung Teduh.

“Suka sama lagu-lagunya sejak dulu, sejak masih di Payung Teduh,” jelasnya saat menikmati konser.

Kegiatan Temu Kolaborasi untuk Palestina ini diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa dan berbagai komunitas seperti Yuk Ngaji, Al-Khansa dan berbagai komunitas lain dengan tujuan membantu Palestina. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga