Sosok Ivan Gunawan, Kenalkan Motif Sorume Khas Kolaka Timur di Brand Hijab Mandjha

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 18 Mei 2023
0 dilihat
Sosok Ivan Gunawan, Kenalkan Motif Sorume Khas Kolaka Timur di Brand Hijab Mandjha
Ivan Gunawan memperkenalkan motif sorume di brand fashionnya. Foto: Repro Ig/@ivan_gunawan

" Ivan Gunawan adalah desainer ternama Tanah Air yang memperkenalkan motif khas Kolaka Timur, anggrek sorume, di brand fashion miliknya, Hijab Mandjha "

JAKARTA, TELISIK.ID - Acara hari ulang tahun Provinsi Sulawesi Tenggara baru saja selesai pada Minggu (14/5/2023) lalu. Acara tersebut menghadirkan Ivan Gunawan dan brand fashionnya, Hijab Mandjha, yang menggunakan motif khas Kolaka Timur, anggrek sorume.

Dikutip dari Parboaboa.com, Ivan Gunawan lahir di Jakarta, 31 Desember 1981. Sosok yang kerap disapa Igun ini merupakan seorang perancang busana, pembawa acara televisi, dan aktor. Igun berkebangsaan Indonesia dan keturunan Jawa, Tionghoa dan Belanda.

Bungsu dari tiga bersaudara ini merupakan anak dari pasangan Bambang Cahyo Gunawan dan Erna Gunawan. Di mana sang ayah adalah seorang diplomat. Diketahui, Igun juga keponakan dari perancang busana Indonesia, Adjie Notonegoro.

Saat kecil Ivan dan keluarganya belum sempat punya rumah sendiri. Mereka tinggal ramai-ramai dengan saudara yang lain di rumah di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Mendawai 1 No. 92.

Di tempat itulah Ivan mulai berkenalan dengan aktivitas mendesain baju. Di lantai bawah ada butik pamannya desainer kondang Adjie Notonegoro. Di lantai atas ada para penjahit yang bekerja untuk Adjie. Ivan yang hidup di ruko kemudian menjadi terbiasa melihat aktivitas bisnis.

Baca Juga: Ivan Gunawan Bakal Pamerkan Motif Tenun Khas Kolaka Timur

Dilansir dari Viva.co.id, saat memasuki usia sekolah, TK dan SD, Ivan bersekolah di Singapura. Karena ayahnya yang diplomat berdinas di sana. Singapura menjadi negara tempat dinas pertama ayahnya. Mereka tinggal di sebuah apartemen yang dihuni banyak orang Indonesia.

Pada tahun 1993, sang ayah berdinas di Kiev, Ukraina. Saat itu, Ivan sudah lulus SD. Ada satu permasalahan yang harus dihadapi Ivan, yaitu tidak adanya sekolah Indonesia di Kiev. Sehingga Ia akhirnya mengenyam pendidikan di Sekolah Indonesia di Moskow, Rusia. Jaraknya yang cukup jauh memaksa Ivan untuk menyewa apartemen sendiri.

Hidup tanpa orang tua membuat Ivan lebih mandiri. Ia harus mengurus segalanya sendiri termasuk keuangan. Ayahnya hanya membekali Ivan sebesar 15 dolar AS per minggu. Uang itu memang hanya cukup untuk uang jajan dan ongkos ke sekolah. Di sinilah, Ivan mengalami pendewasaan diri.

Artis multitalenta ini mengawali kariernya di dunia hiburan dengan membintangi film yang berjudul 5 Sehat 4 Sempurna pada tahun 2002. Kemudian ia mendapatkan peran di film Cinta 24 Karat yang rilis pada tahun 2003, Bad Wolves pada tahun 2005, dan masih banyak lagi film yang dibintanginya.

Selain itu, ia juga mendapatkan tawaran dalam acara tv seperti Inspektur Igun yang tayang di Trans TV, Eat Bulaga Indonesia yang disiarkan di SCTV, hingga acara tv terbarunya berjudul Brownis (Obrowlan Manis) di Trans TV.

Baca Juga: Hadir di Kolaka Timur, Ivan Gunawan Gunakan Motif Sorume di Brand Fashionnya

Selain memiliki bakat di dunia seni peran dan presenter, Ivan juga memiliki kemampuan dalam bidang rancang busana. Meskipun ia tidak pernah kuliah, namun ribuan karya lahir dari ide dan tangan kreatifnya.

Kini sang mega bintang tersebut memiliki butik sendiri yang diberi nama Ivan Gunawan Privillege (IGP). Ia pun memiliki sebuah merk busana yang dikembangkan sendiri bernama LOVE. Busana yang dirancangnya pun berbagai jenis, seperti gaun untuk pesta pernikahan, gaun untuk acara formal dan lain sebagainya. Tak sampai disitu, Igun juga memiliki brand hijab sendiri yaitu Hijab Mandjha Ivan Gunawan. 

Tidak cukup menggeluti dunia hiburan dan fashion, Igun juga kini sudah meluncurkan produk kosmetik seperti blush on, bedak, eyebrow, maskara, lipstik dan eyeshadow yang diberi nama Ivan Gunawan Cosmetics. (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga