Sosok La Ode Ahmad Pidana Balombo: Pria Asal Muna yang Didaulat Tito Karnavian jadi Dirjen Bina Pemdes

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 09 Mei 2024
0 dilihat
Sosok La Ode Ahmad Pidana Balombo: Pria Asal Muna yang Didaulat Tito Karnavian jadi Dirjen Bina Pemdes
Mendagri Tito Karnavian (kiri), dan La Ode Ahmad P. Bolombo (kiri). Foto: Ist.

" Pengalaman La Ode Ahmad Pidana Bolombo dalam pelayanan publik dimulai sejak tahun 1993 sebagai CPNS di Sekretariat Jenderal Kemendagri "

KENDARI, TELISIK.ID - La Ode Ahmad Pidana Bolombo, seorang birokrat kelahiran Wakuru, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, pada 24 Februari 1974, telah menapaki karir gemilang dalam pemerintahan sejak awal tahun 1990-an.

Bersumber dari id.m.wikipedia.org, La Ode Pidana Bolombo, bersama Suganda Pandapotan Pasaribu, rekan seangkatannya di IPDN 1997, diangkat ke jabatan strategis berdasarkan Kepres RI Nomor 41/TPA Tahun 2023. Pasaribu menjabat sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Pengalaman Bolombo dalam pelayanan publik dimulai sejak tahun 1993 sebagai CPNS di Sekretariat Jenderal Kemendagri. Selama kariernya, ia telah mengisi berbagai posisi kunci di berbagai daerah, termasuk menjadi Kasie Pemerintahan di Kota Bitung, Sulawesi Utara, serta mengabdi di Pemerintah Kota Bitung dari tahun 1998 hingga 2003.

Bolombo juga memiliki rekam jejak yang solid dalam penanganan konflik pemerintahan. Pada tahun 2012 dan 2015, ia menjabat sebagai Kasubdit Penanganan Konflik, memperoleh pengalaman berharga dalam menangani situasi yang kompleks dan sensitif di tingkat lokal.

Kiprahnya semakin menanjak ketika ia memperoleh jabatan eselon II sebagai Direktur Organisasi Kemasyarakatan pada tahun 2016. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Direktur Politik Dalam Negeri pada tahun 2018.

Baca Juga: Ini Jejak Karir Shin Tae-yong dari Pemain hingga jadi Pelatih Timnas Indonesia

Pada tahun 2019-2020, Bolombo menjadi Pejabat Sementara Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara sebelum kemudian dipromosikan sebagai Direktur Ketahanan Sosial, Budaya, dan Kemasyarakatan di Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum.

Keahlian dan dedikasinya telah memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan di berbagai sektor. Pada 19 Februari 2024, Bolombo resmi dilantik sebagai Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Baca Juga: Sosok Lukman Abunawas Raja Konawe ke-34 Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tenggara

Pendidikan formal La Ode P. Balombo, mencakup pendidikan dasar di SD Negeri 1 Wakuru, Kabupaten Muna, dan SMP Negeri I Raha.

Selanjutnya, ia menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 2 Raha pada tahun 1992. Bolombo melanjutkan pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Bandung, lulus pada tahun 1997.

Pendidikan sarjana diselesaikan di Institut Ilmu Pemerintahan pada tahun 2001, sementara gelar magister diperolehnya dari Universitas Nusa Bangsa pada tahun 2010. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga