Sosok Mohamad Hasan, Eks Ajudan Jokowi Didaulat jadi Pangkostrad

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 28 Juli 2024
0 dilihat
Sosok Mohamad Hasan, Eks Ajudan Jokowi Didaulat jadi Pangkostrad
Mayjen TNI Mohamad Hasan, seorang lulusan Akademi Militer tahun 1993, dikenal sebagai prajurit yang berprestasi, terutama di Korps Pasukan Khusus atau Kopassus. Foto: Repro Dok kopassus

" Mayjen TNI Mohamad Hasan telah ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), menggantikan Letjen Muhammad Saleh Mustafa "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mayjen TNI Mohamad Hasan telah ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), menggantikan Letjen Muhammad Saleh Mustafa. Ia tercatat pernah menjadi perisai hidup Presiden Jokowi.

Pengangkatan ini tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 24 Juli 2024.

Sebagai bagian dari Komando Utama Tempur TNI Angkatan Darat, Kostrad memainkan peran vital dalam pertahanan negara.

Sebelum pengangkatan ini, Hasan menjabat sebagai Pangdam Jaya Jayakarta. Posisi tersebut kini diisi oleh Granada Baay yang sebelumnya merupakan Pangdam V/Brawijaya.

Hasan, seorang lulusan Akademi Militer tahun 1993, dikenal sebagai prajurit yang berprestasi, terutama di Korps Pasukan Khusus atau Kopassus.

Baca Juga: Sosok Michael Josua, Perwira Remaja Polri Pertama dari Penganut Konghucu Dilantik Jokowi

Pria kelahiran Bandung pada 13 Maret 1971 ini memiliki rekam jejak karier yang gemilang. Hasan pernah menjabat sebagai Komandan Unit Grup 1/Para Komando Kopassus dan Kasi Intel Grup 1/Para Kopassus.

Ia juga pernah menjadi Komandan Kodim 0104/Aceh Timur dari tahun 2011 hingga 2013. Kariernya terus menanjak ketika ia diangkat sebagai Wakil Komandan Grup 2/Sandi Yudha Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura pada 2013 hingga 2014. Jabatan ini menjadi batu loncatan bagi Hasan untuk terus meniti karier di jajaran TNI.

Pada tahun 2014 hingga 2016, ia dipercaya mengemban tugas sebagai Komandan Grup A Paspampres, yang bertanggung jawab mengamankan Presiden Jokowi beserta keluarganya, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Minggu (28/7/2024).

Hasan juga pernah menjadi Komandan Korem 061/Surya Kencana pada 2018-2019, memperlihatkan kemampuannya dalam memimpin pasukan di berbagai situasi.

Prestasinya berlanjut dengan diangkatnya Hasan sebagai Wadanjen Kopassus dan kemudian sebagai Danjen Kopassus pada tahun 2020, menggantikan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Baca Juga: Profil Lengkap Kapolres Pertama di Kolaka Timur AKBP Yudhi Palmi DJ

Setelah memimpin Kopassus, karier Hasan tidak berhenti di situ. Pada tahun 2021, ia diangkat menjadi Pangdam Iskandar Muda, posisi yang mengokohkan reputasinya sebagai pemimpin militer yang handal, bersumber dari wikipedia.org.

Pada Maret 2023, Hasan dipercaya untuk memimpin Kodam Jaya, sebuah jabatan yang diembannya selama kurang lebih satu tahun empat bulan sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Pangkostrad.

Nama Hasan kini tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pemimpin yang mengemban tugas berat sebagai Pangkostrad. Sebelumnya, sejumlah tokoh terkenal juga pernah menjabat sebagai Pangkostrad, seperti Dudung Abdurachman, Edy Rahmayadi, Gatot Nurmantyo, Andika Perkasa, Pramono Edhie Wibowo, hingga Prabowo Subianto. Pengangkatan Hasan ini menandai babak baru dalam karier militernya dan diharapkan membawa perubahan positif bagi Kostrad. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga