Sosok Mohamed Salah, Pemain Liverpool Ini Mampu Redakan Islamophobia di Eropa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 26 Oktober 2021
0 dilihat
Sosok Mohamed Salah, Pemain Liverpool Ini Mampu Redakan Islamophobia di Eropa
Penyerang inti klub Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah. Foto: Repro AFP

" Mohamed Salah menduduki nomor 44 dari 50 Muslim yang berpengaruh di dunia. Mohamed Salah memiliki peran penting dalam klub Liverpool untuk memenangi beberapa kompetisi liga "

LONDON, TELISIK.ID - Penyerang inti klub Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah mendapatkan kehormatan dalam mengisi daftar Tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia edisi 2021.

Dilansir melalui themuslim500.com, Mohamed Salah menduduki nomor 44 dari 50 Muslim yang berpengaruh di dunia. Mohamed Salah memiliki peran penting dalam klub Liverpool untuk memenangi beberapa kompetisi liga.

Dengan masuknya dalam The Muslim 500 tersebut, Mohamed Salah mampu meredakan “islamophobia” yang ada di Eropa dan bahkan di dunia.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, untuk lebih mengenal pesepakbola Muslim ini, berikut biodata Mohamed Salah:

Biodata Mohamed Salah

Mohamed Salah merupakan pesepakbola profesional asal Mesir. Ia memiliki nomor punggung 11 dan berposisi sebagai penyerang pada klub asal Inggris dan Timnas Mesir, Liverpool.

Kekinian, pemilik nama lengkap Mohamed Salah Ghaly ini menjadi salah satu penyerang paling mematikan di dunia. Mohamed Salah lahir pada 15 Juni 1992 di Nagrig, Gharbia, Mesir.

Sejak kecil Mohamed Salah sangat menyukai olahraga sepakbola dan setiap harinya ia selalu menonton pertandingan sepakbola melalui televisi.

Baca Juga: Mengenal Dekat Asma Nadia: Sosok Penulis Wanita Indonesia Penuh Karya

Karier Mohamed Salah

Mohamed Salah memulai karier seniornya di El Mokawloon di Liga Premier Mesir pada tahun 2010. Ia kemudian bergabung dengan FC Basel dari tahun 2012 hingga 2014.

Performanya yang bagus membuat klub Premier League Chelsea menariknya bermain di London pada tahun 2014.

Selama di Chelsea, ia jarang dimainkan pada musim debutnya, Salah kemudian dipinjamkan ke klub Seri A Fiorentina hingga AS Roma membelinya secara permanen pada tahun 2016.

Baca Juga: Kisah Cheng Ho, Laksamana Muslim yang Paling Berpengaruh, Penemu Amerika Sebelum Columbus

Mohamed Salah mengalami peningkatan performa saat bermain di AS Roma dan ia kembali ke Premier League untuk bergabung di Liverpool dengan harga 36,9 juta euro.

Prestasi Mohamed Salah

Mohamed Salah menjadi penyerang mematikan selama bermain di Liverpool dan mendapatkan banyak rekor. Ia menerima Premier League Golden Boot setelah mencetak 32 gol dalam 36 pertandingan.

Pada musim 2017-2018, Salah mendapatkan penghargaan antara lain PFA Players' Player of the Year, Football Writers' Player of the Year dan PFA Fans' Player of the Year. Salah meraih tempat ketiga untuk the 2018 Best FIFA Men's Player.

Bersama dengan Liverpool, Mohamed Salah berhasil memenangkan trofi Liga Champions 2019, Liga Inggris musim 2019-2020 dan UEFA Super Cup 2019.

Kehidupan Pribadi Mohamed Salah

Mohamed Salah menikah dengan istrinya, Maggi, pada 2013. Mereka dikarunia putri pertama pada 2014, bernama Makka. Putri keduanya lahir belum lama ini, tahun 2020, yang diberi nama Kayan.

Sisi religius Mohamed Salah kerap diperlihatkan di atas lapangan. Misalnya ketika berhasil mencetak gol, Salah merayakan gol itu dengan melakukan sujud syukur.

Ia pun mengaku tetap menjalankan puasa meskipun ada jadwal pertandingan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga