Sosok Muhammad Husein Relawan Indonesia di Gaza, Sempat Dikabarkan Meninggal Akibat Serangan Israel

Nur Aziza, telisik indonesia
Sabtu, 03 Februari 2024
0 dilihat
Sosok Muhammad Husein Relawan Indonesia di Gaza, Sempat Dikabarkan Meninggal Akibat Serangan Israel
Muhammad Husein, relawan Indonesia di Gaza, aktif memberitakan setiap kejadian di Gaza melalui media sosialnya. Foto: YouTube Muhammad Husein Gaza

" Muhammad Husein menjadi salah satu aktivis yang membantu warga Palestina di Gaza. Namanya mulai dikenal saat menjadi seorang YouTuber dan relawan kemanusiaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Nama Muhammad Husein atau lebih dikenal dengan Husein Gaza, tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Husein menjadi salah satu aktivis yang membantu warga Palestina di Gaza. Namanya mulai dikenal saat menjadi seorang YouTuber dan relawan kemanusiaan.

Pria kelahiran Bogor, 7 April 1988 ini menginjakkan kaki di Gaza pada 5 Januari 2011. Dikutip dari kuyou.id, dalam perjalanannya menuju Palestina, Husein datang bersama 120 aktivis kemanusian yang berasal dari berbagai negara di Asia. Husein dan 120 aktivis lainnya menempuh perjalanan melalui jalut darat menggunakan bus mulai dari Iran, Turki dan Gaza, dengan memakan waktu selama satu bulan.

Banyak tantangan dan rintangan selama perjalanannya. Husein dan aktivis lainnya pun sempat dikepung oleh tentara Israel hingga mereka menunda perjalanan menuju Gaza.

Di Gazalah Husain mendapatkan gelar sarjananya. Ia menempuh pendidikan di Universitas Islam Gaza Jurusan Syariah Islam. Tidak hanya itu, Husein juga menjadi seorang jurnalis dan kontributor lepas selama di Gaza agar Indonesia tahu bagaimana kondisi terbaru di Gaza dan menjadi salah satu tim pembangunan rumah sakit Indonesia.

Baca Juga: Muh Irsyad, Arsitek Sulawesi Tenggara Kembali Raih Juara Favorit Kompetisi Nasional

Pria asal Bogor ini diketahui sudah menikah dengan wanita asli Palestina bernama Jinan, dan saat ini dikaruniai 2 orang anak.

Dilansir dari suara.com jaringan Telisik.id, ternyata Husein adalah pendiri International Networking for Humanitarian (INH), lembaga yang memberikan bantuan dari masyarakat ke masyarakat dan merekalah yang menjaring potensi kemanusiaan melalui berbagai program untuk kemakmuran.

Baca Juga: Muhammad Sultanul Aulya, Keliling Indonesia Hanya untuk Tangkap Nyamuk

Ia juga sempat dikabarkan meninggal dunia karena serangan Israel, namun hal tersebut dibantah oleh organisasi yang menaunginya.

Saat ini Husein dan keluarganya telah meninggalkan Gaza yang sudah tidak aman lagi. Husein dan keluarganya masih besar harapan untuk bertahan di Gaza, namun ia memikirkan keselamatan anak-anaknya, sehingga memutuskan untuk kembali ke Indonesia. (C)

Penulis: Nur Aziza

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga