Sosok Muhammad Khaerul Rijal, Putra Kolaka Utara dengan Segudang Prestasi

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 25 Juli 2023
0 dilihat
Sosok Muhammad Khaerul Rijal, Putra Kolaka Utara dengan Segudang Prestasi
Sosok Muhammad Khaerul Rijal berfoto di depan Kantor Staf Presiden. Foto: Ist.

" Sulawesi Tenggara tak henti-hentinya menghasilkan putra putri daerah yang membanggakan, salah satunya adalah Muhammad Khaerul Rijal, seorang putra daerah Kabupaten Kolaka Utara dengan segudang prestasinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara tak henti-hentinya menghasilkan putra putri daerah yang membanggakan, salah satunya adalah Muhammad Khaerul Rijal, seorang putra daerah Kabupaten Kolaka Utara dengan segudang prestasinya.

Pemuda yang akrab disapa Kharel tersebut lahir pada 13 Januari 1999. Dirinya menghabiskan masa kecil di Lasusua, Kolaka Utara. Sejak kecil dirinya telah mengumpulkan berbagai prestasi yang membanggakan.

Lulusan SMKN 1 Lasusua tersebut pada tahun 2015, menjadi Duta Parlemen Remaja mewakili Sulawesi Tenggara dalam kegiatan Parlemen Remaja Nasional yang digelar DPR RI.

Tahun berikutnya, ia kembali mewakili Sulawesi Tenggara dalam lomba bahasa Inggris nasional di Bangka Belitung. Di tahun yang sama meraih penghargaan sebagai siswa berprestasi dalam program sahabat gubernur.

Baca Juga: Profil Lisnawati, Wajah Baru Bacaleg DPRD Konawe Selatan Pengusaha Salon Kecantikan

Pada Peringatan Hari Anak Nasional 2016 di Mataram, Nusa Tenggara Barat, dia didaulat sebagai pembaca suara anak Indonesia di hadapan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Memasuki dunia kampus, dia terpilih sebagai Duta Muda Memilih yang digelar KPU Sulawesi Tenggara pada tahun 2017. Tahun 2018, menjadi Duta Generasi Berencana BKKBN Sulawesi Tenggara. Juara keempat lomba karya tulis ilmiah Alquran pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Sulawesi Tenggara.

Masih di tahun 2018, Kharel terpilih sebagai mahasiswa berprestasi di tingkat fakultasnya. Dan untuk periode 2018-2021, ia menerima beasiswa unggulan masyarakat berprestasi dari Kemendikbud.

Tahun 2019, ia menjadi salah seorang delegasi Indonesia dalam ajang Bali Democracy Student Conference 2019. Lalu kemudian, menjadi Duta Muda ASEAN dari Indonesia yang ditunjuk oleh Kementerian Luar Negeri RI. Dengan berbagai prestasi tersebut, dirinya kemudian terpilih menjadi mahasiswa berprestasi utama Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari tahun 2020.

Lulusan ilmu komunikasi tersebut, tetap mengejar prestasi bahkan setelah ia lulus dari UHO. Di tahun 2023 ini, ia berangkat ke India mewakili Indonesia dalam rangka 4th ASEAN India Youth Summit, 14 Februari 2023 lalu.

Selanjutnya, pada Juli 2023 ini ia terpilih menjadi 35 peserta Sekolah Staf Presiden (SSP) 2023 usai bersaing dengan sekitar 66 ribu pendaftar dari seluruh Indonesia.

SSP sendiri adalah program inkubasi bagi calon calom pemimpin masa depan, sehingga siswa-siswa SSP dibekali dengan berbagai pengetahuan seperti lingkungan, inklusivitas, kebijakan publik, kemaritiman, pendidikan dan pemhangunan manusia, ekonomi berkelanjutan, komunikasi politik dan HUKUM serta HAM dan masih banyak lagi.

Saat diwawancarai oleh Telisik.id, Kharel mengaku, setiap momen yang ia alami di SSP sangatlah berkesan, salah satunya adalah momen ketika dirinya berkunjung ke PT PINDAD, BUMN yang menyediakan alutsista. Di tempat tersebut dirinya dan semua peserta SSP diberi kesempatan untuk mencoba menembak menggunakan senjata api.

"Seumur-umur saya belum pernah memegang dan mencoba alat senjata seperti ini," tuturnya via Whatsapp, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: Anggota Paskibraka Nasional Perwakilan Banten Ternyata Orang Kendari, Ini Sosoknya

Selain aktif berprestasi, dirinya juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial, semasa berkuliah dirinya mendirikan Forum Beasiswa Unggulan Sulawesi Tenggara, untuk membantu menyebarkan informasi mengenai beasiswa unggulan kepada mahasiswa maupun calon mahasiswa.

Saat ini, dirinya juga menjadi salah satu fasilitator untuk Forum Anak Koke-Koke Kabupaten Kolaka Utara, serta pengurus Panti Asuhan dan Pondok Pesantren ABRI As'adiyah Lasusua.

Sosoknya juga begitu menginspirasi untuk junior-juniornya di kampus, salah satunya adalah Faizal yang cukup terinspirasi dengan pencapaian-pencapaian dari Kharel.

"Sangat terinspirasi tentunya, semoga kita bisa juga seperti dirinya, namun di bidang masing-masing," jelasnya. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga