SPAM Kontunaga Kini Milik Pemkab Muna, Warga Mulai Nikmati Air Bersih

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 30 Januari 2021
0 dilihat
SPAM Kontunaga Kini Milik Pemkab Muna, Warga Mulai Nikmati Air Bersih
Bupati Muna, LM Rusman Emba meresmikan SPAM Kontunaga. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kita berharap SPAM ini dapat dikelola dengan baik. "

MUNA, TELISIK.ID - Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Kontunaga telah selesai dibangun. SPAM yang dibangun menggunakan APBN tahun 2020 dengan anggaran sebesar Rp 24 miliar itu, akhirnya jadi milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna.

SPAM tersebut jadi milik Pemkab Muna setelah Kepala Balai Prasarana Pemukiman (BPP) Sultra, Mustaba menyerahkan ke Bupati, LM Rusman Emba, Sabtu (30/1/2021).

Kepala BPP Sultra, Mustaba menerangkan SPAM Kontunaga yang teletak di Puncak Lakude, Desa Masalili akan mengaliri pemukiman warga se-Kecamatan Kontunaga. Sumber air dari mata air Jompi. Menurutnya, pekerjaan sedikit terhambat akibat pandemi COVID-19. Akan tetapi, dapat rampung 100 persen.  

"Kita berharap SPAM ini dapat dikelola dengan baik," katanya.

Mustaba tak menafikan bahwa pembangunan SPAM itu tidak terlepas bantuan dari Ridwan Bae, Wakil Ketua Komis V DPR-RI.

Sementara itu, Bupati Muna LM Rusman Emba mengatakan, air bersih sudah berpuluh-puluh tahun dinantikan masyarakat Kecamatan Kontunaga.

Baca juga: Selain Swasta dan Punya Izin, Bidan Dilarang Layani Persalinan di Rumah

Selanjutnya, ia akan menyusun format untuk pengelolaannya. Untuk bisa mengalir ke rumah-rumah warga, ia telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan pipa tersier yang akan menyambungan jaringan ke pipa distribusi.

Selain itu, Camat Kontunaga, Andi April menyampaikan bahwa wilayah yang dipimpinnya memiliki enam desa. Lima diantaranya sudah teraliri, sedangkan satunya yakni Desa Lapodidi sebelumnya sudah mendapat air bersih yang diresmikan pada tahun 2018 lalu.

"Air mengalir tidak hanya menyentuh Kecamatan Kontunaga tapi tiga desa di Kecamatan Lohia mendapatkan aliran air dari SPAM Kontunaga," sebutnya.

Air bersih ini, tambah dia, sudah sekitar 30 tahun dinantikan warga. Berkat perjuangan Bupati, LM Rusman Emba dan Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae, akhirnya masyarakat dapat menikmati air bersih.

"Masyarakat sudah tidak kesulitan lagi. Tinggal putar kran, air langsung mengalir," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga