adplus-dvertising

Spektakuler, Begini Kemeriahan Opening Ceremony Wakatobi Wave 2021

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Minggu, 05 Desember 2021
1107 dilihat
Spektakuler, Begini Kemeriahan Opening Ceremony Wakatobi Wave 2021
Pertunjukan tari kolosal saat pembukaan Wakatobi Wave 2021. Foto: Boy/Telisik

" Festival Wakatobi Wave 2021 kembali hadir di Kabupaten Wakatobi setelah sempat tidak diadakan pada tahun 2020 akibat pandemi COVID-19 "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Festival Wakatobi Wave 2021 kembali hadir di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Festival ini menjadi salah satu agenda yang ditunggu-tunggu masyarakat Wakatobi.

Pasalnya, festival ini sempat tidak diadakan pada tahun 2020 akibat pandemi COVID-19.

“Alhamdulliah hari ini walaupun dalam keadaan hujan lebat kita masih sempat melaksanakan kegiatan utama kita yaitu Wakatobi Wave," kata Bupati Wakatobi, Haliana saat memberikan sambuatan pada opening ceremony Wakatobi Wave 2021, Sabtu (4/12/2021).


Haliana menerangkan, Wakatobi Wave 2021 telah masuk dalam agenda Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Event yang memberikan harapan baru pada sektor pariwisata.

“Wakatobi Wave memiliki makna penting sebagai upanya untuk membangun semangat para pelaku usaha sektor pariwisata," tambah Haliana.

Mengusung tema kebulatan spirit budaya maritim untuk kebangkitan pariwisata Wakatobi dan Indonesia, pada Gelaran Wakatobi Wave 2021 kali ini memberikan suguhan menarik, seperti fashion show kreasi tenun, serta atrakasi budaya tari kolosal dari empat pulau yang ditarikan ratusan penari putra dan putri.

Event dibuka dengan pertunjukan fashion show kreasi tenun karya Desainer Wignyo Rahadi didukung oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), menampilkan koleksi busana muslim dengan menggunakan kain tenun tradisional asal Wakatobi.

Tenun hasil pengembangan dari daerah Wakatobi tersebut dituangkan dalam koleksi busana muslim sebanyak 8 outfit dengan mengusung tema Ethnic Radiance.

Koleksi tersebut memperlihatkan keragaman elemen kultur termasuk tenun tradisional yang terjalin menjadi kesatuan yang harmonis.

Khusus tari kolosal, tarian ini dibawakan masyarakat dari sejumlah pulau di wilayah Kabupaten Wakatobi.

Masing-masing daerah menampilkan tarian khas, seperti masyarakat Pulau Wangi-Wangi yang membawakan Tari Lengko, masyarakat Pulau Kaledupa membawakan Tari Lariangi. Lalu masyarakat Pulau Tomia yang menampilan Tari Sajo Moane dan masyarakat Pulau Binongko yang menampilkan Tari Balumpa.

Baca Juga: 8 Fakta Unik Gunung Semeru, Tempat Sakral dan Inspirasi Musisi

Kemeriahan Wakatobi Wave Festival ditambah dengan keindahan alam dan budaya Wakatobi yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Daerah pemilik 750 coral ini mendapat perhatian dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

“Saya berharap dengan terlaksananya event Wakatobi Wave 2021, dapat  mempromosikan pariwisata Wakatobi. Sehingga masyarakat Indonesia dapat melihat keindahan Wakatobi," harap Sandiaga Uno, saat memberikan sambutan secara daring.

Sementara Gubernur Sulawesi Tenggara yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Nur Endang Abas, mengapresiasai penyelenggaraan Wakatobi Wave 2021.

“Saya mengucapkan selamat kepada Pemkab Wakatobi yang tak henti- hentinya melakukan terobosan dan inovasi. Walaupun tergolong kabupaten baru, namun kemajuannya sangat signifikan,” ungkap Nur Endang Abas.

Baca Juga: Persiapan Tanam Padi, Ritual Nangluk Merana Umat Hindu di Koltim

Perlu diketahui, Festival Wakatobi Wave 2021 merupakan bagian dari peringatan HUT Wakatobi ke-19 tahun, yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya. (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga